Ad Clicks : Ad Views :
img

Khusus Para Santri. Hanya Kalian yang Paham Betul Tentang Hal-hal ini.!

/
/
/
748 Views

 

Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata “pesantren” atau “sekolah berasrama”? Jadwal ketat, banyak aturan, guru galak — mungkin itu cuma beberapa dari ribuan selentingan yang pernah kamu dengar.

Tapi tahu nggak? Di balik segala selentingan itu, sekolah di pesantren juga akan memberikanmu bunga rampai pengalaman berharga. Banyak dari pengalaman ini yang nggak akan terpikirkan, apalagi dirasakan, oleh mereka di sekolah reguler.

Pas kamu bangun kemudian kamu melihat jam, ternyata masih jam 3 pagi.

jam-3-pagi
novanews.novatv.bg

kamu harus bangun untuk melaksanakan sholat tahajud.

Setelah tahajud kamu nggak boleh tidur, karena harus ngelanjutin tadarus al-Quran sampai waktu subuh

tadarus-al-Quran
news.xinhuanet.com

Kemudian perjuanganmu dimulai dari kamar mandi

ngantri-di-kamar-mandi-umum
pinterest.com

antrianya panjang bangeeet..!, mau nggak mau kamu harus nge-take dulu dari malem sebelumnya, gimana caranya? taruh gayung di depan pintu.

Begitu selesai belajar di sekolah, kamu malah disuruh untuk menghafal sampai maghrib

belajar-di-pesantren
rakfilm.blogspot.com

hafalan al-Quran, hadits-hadits, kata-kata mutiara, bahasa arab dll. yang bikin kepala makin puyeng.

Kalau berani kabur dari jadwal yang ditetapkan, kamu akan dapat hukuman.!

santri-di-hukum
www.kompasiana.com

Untuk pertama kalinya dalam hidupmu merasakan yang namanya ngantri di wartel

ngantri-di--wartel

karena nggak boleh bawa hp, kamu harus capek-capek ngantri untuk bisa komunikasi dengan keluarga, itupun waktunya juga dibatasi sama yang jaga wartel biar semua santri kebagian nelpon.

Di awal-awal tahun ajaran perawatan rambut sangat perlu terutama ini nih..

anti-kutu
www.tokopedia.com

peditok tu wajib hukumnya kecuali kalau kamu mau kutu-kutu bersarang di rambutmu.

Di pesantren kamu harus berjuang melawan seniormu sendiri

melawan-seniormu-sendiri
www.indonesianfilmcenter.com

senior sukanya nyuruh-nyuruh inilah, itulah padahal hal itu bisa ia kerjain sendiri. kalau nggak mau siap-siap kamu dikerjain ama senior.

Kamu juga akan dapat hiburan cerita horor dari para seniormu

cerita-horor
www.bintang.com

Tapi gak jarang juga kamu terlanjur dekat dengan senior sehingga sudah seperti kakak adik.

seperti-kakak-adik
www.dream.co.id

Memang sih, seniormu nyebelin. Tapi, ada juga yang baik, kamu jadi punya kakak ketemu gede pas di pesantren.

Tinggal di pesantren kamu jadi punya prinsip “one for all, all for one” terutama dalam hal..

Makanan

makanan-camilan
kismy-parcel.blogspot.com

 

Sakit di Asrama

sedang-sakit
pinterest.com

 

Bagi kamu yang bisa keluar gerbang pesantren cuman lima langkah pun, itu sudah cukup membuatmu merasa bebas tiada tara.

merasa-bebas
neesakhir.blogspot.com

Merasa bosan dengan menu-menu yang ada di dapur.

chef-arnold
www.cumicumi.com

sebenarnya makananya enak-enak sih, tapi karena menunya itu-itu aja jadi ngraja bosen gitu. mungkin kokinya diganti chef Arnold gitu. 😀

Akhirnya kamu pun punya ide buat nyelundupin makanan..

nasi-ayam
rajanusantara.indonetwork.co.id

kalau anak-anak sekolah reguler bisa nylundupin rokok, ganja dll, tapi kalau kamu bisa nyelundupin Ayam Goreng udah bersyukur banget.

Setelah sekian lama tinggal di pesantren kamu bakalan punya skill buat nyelundupin barang-barang kesukaanmu yang lain

barang-kesukaan
eeshape.com

awal-awal semester mungkin sering ketahuan tapi semester berikutnya kamu udah ahli seperti penyelundup beneran.

contoh, kamu bawa aja 2 hp yang satu dititipin dan satu lagi kamu simpen.

Kamu pun juga bisa masak mie instan atau sarden menggunakan setrika dibalik.

masak-dengan-setrika
twitter.com

skill ini gak bakalan kamu dapet kalau kamu belajar di sekolah reguler.

Selama di pesantren cintamu tidak akan pernah direstui oleh gurumu, bahkan kalau ketahuan bisa-bisa dikeluarin dari peantren

cinta-terlarang
www.nicefun.org

Akhirnya kamu bisa pacaran dengan kirim-kiriman surat

kirim-kiriman-surat-cinta
shop.paperfinger.com

karena kamu nggak megang hp jadi kembali lagi ke jaman doeloe, komunikasi dengan pacar menggunakan surat.

Tinggal di pesantren pakaianmu jadi punya nama

ngasih-nama-kaos
sosasyahidah.blogspot.com

bukan karena takut ilang, tapi biar gak ketuker pas di londry. kalau sampai ketahuan orang luar liat namamu tertulis dibaju, malunya tuh setengah mati.

Pas dikunjungi orang tua, kamu ngerasa seneng banget karena bisa melepas rindu dan pastinya oleh-oleh yang mereka bawakan buat kamu.

merasa-senang
www.youtube.com

 

Dan kalau pas udah nyampai rumah, kamu ngerasa males banget buat balik lagi ke pesantren

merasa-malas
www.dumblittleman.com

udah keenakan dirumah, mau balik lagi pasti ngerasa males

Orang-orang sering ngira kamu adalah teroris

dikira-teroris
smeaker.com

 

Tapi banyak juga orang yang ngira kamu adalah orang yang super alim

santri-gaul
www.kapanlagi.com

karena di pesantren materi agama jauh lebih banyak, orang mengira kamu super alim nggak mau salaman lawan jenis, kerjanya ngaji teru. padahal aslinya kamu masih suka nongkrong bareng temen-temen dan masih suka mencoba-coba hal yang baru.

Orang-orang akan terkejut bahwa kamu juga menguasai pelajaran-pelajaran umum

pelajaran-sekolah
www.beritajakarta.com

orang mengira kamu hanya belajar agama saja sepanjang hari, padahal ada pelajaran umum juga, bahkan zaman sekarang sudah ada pesantren yang berbasis bisnis (enterpreneur pesantren).

Terlepas dari suka dukanya jadi santri, tapi kamu harus bersyukur karena pernah merasakan belajar di pesantren.

teman-teman-yang-kompak
postinganbiasa.blogspot.com

Menjadi santri adalah pelajaran sangat berharga. Kebebasan menggunakan HP, pacaran, hidup bebas kemana-mana atau keluar asrama, tak akan sebanding dengan segala ilmu yang kamu peroleh dan kenangan yang telah kamu rajut selama di ma’had sana.

Setelah beberapa tahun ditempa, kamu tak hanya berkembang menjadi pribadi yang dewasa. Kamu pun menjadi lebih menghargai makna kebersamaan. Teman-teman yang kamu temui di pesantren bukan lagi cuma ‘teman’. Mereka adalah keluarga: pengganti ayah, ibu, dan sanak saudara yang begitu jauh di rumahmu sana.

meskipun kamu sudah lulus, kamu takan pernah melupakan masa-masa di asrama. bahkan kamu bakal kangen untuk mengulang masa-masa itu.

 

1 Comments

  1. I have to get across my love for your generosity supporting visitors who must have help on in this content. Your personal commitment to getting the message all around was exrraotdinarily effective and have in most cases permitted somebody like me to attain their pursuits. Your personal helpful key points signifies a whole lot a person like me and still more to my colleagues. Best wishes; from everyone of us.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *