Ad Clicks : Ad Views :
img

Pengertian Hutan Lindung dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

/
/
/
859 Views

Hutan Lindung – hutan lindung adalah kawasan hutan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah atau suatu golongan masyarakat tertentu untuk dilindungi.

Hal ini supaya fungsi ekologisnya terutama menyangkut masalah tata air dan tingkat kesuburan tanah, tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang tinggal di sekitar hutan tersebut.

Hutan lindung bisa ditetapkan di daerah hulu sungai (tak terkecuali gunung-gunung yanga da di sekitar) sebagai wilayah tangkapan hujan (catchment area), di sepanjang aliran sungai jika hal tersebut dianggap perlu.

Hutan lindung adalah hutan yang dilindungi eksistensinya karena memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem.

Kawasan hutan ditetapkan sebagai hutan lindung karena memiliki beberapa fungsi yang sangat dibutuhkan semisal penahan erosi, cadangan air, paru-paru kota dan fungsi lainya.

# Pengertian Hutan Lindung

Sesuai dengan Undang-undang RI No 41/1999 tentang Kehutanan menyebutkan bahwa:

Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah.“

# Penetapan Hutan Lindung

Hutan Lindung
www.58pic.com

Dalam hal ini pemerintahlah yang berwenang dalam menentukan suatu kawasan hutan untuk dijadikan sebagai hutan lindung berdasarkan beberapa pertimbangan yang memenuhi syarat.

Biasanya penetapanya berdasarkan teknis keputusan Mentri. Peraturan tersebut mengatur metode skoring dalam menentukan suatu kawasan hutan.

Ada 3 faktor yang mempengaruhi dalam menentukan skoring, diantaranya yaitu kemiringan lahan, kepekaan terhadap lahan dan intensitas curah hujan (mm/hari hujan) pada wilayah yang terkait.

Metode scoring biasanya diterapkan terhadap kawasan hutan produksi, dimana di dalam hutan tersebut memang terdapat beberapa area yang harus dijaga atau dilindungi.

Metode skoring tidak dapat diterapkan pada suatu kawasan yang telah ditetapkan menjadi hutan konservasi semisal suaka marga satwa, taman hutan raya, cagar alam, taman wisata alam dan taman buru.

# Manfaat Hutan Lindung

Fungsi Hutan Lindung
www.pageresource com

Keberadaan hutan lindung mempunyai fungsi penting untuk selalu menjaga kualitas lingkungan dan ekosistem. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya adalah:

1. Mencegah Banjir

Hutan yang terpelihara dengan baik mampu menyerap air hujan supaya tidak turun langsung ke bagian yang paling bawah.

Kemampuan hutan untuk menyimpan air hujan merupakan media yang sangat bagus untuk mengendalikan agar tidak terjadi banjir.

2. Sebagai Penyimpan Cadangan Air di Dalam Tanah

Selain menjadi pencegah terjadinya banjir hutan lindung juga mempunyai fungsi untuk menyimpan cadangan air tanah.

Cadangan air tersebut bisa dimanfaatkan ketika sedang terjadi musim kemarau, sehingga penduduk yang tinggal di sekitar hutan tersebut bisa menggunakan air yang ada sehingga akan terhindar dari bencana kekeringan.

3. Mencegah Erosi dan Tanah Longsor

Lahan luas yang di atasnya tidak tertutup hutan akan lebih cepat tergerus erosi. Erosi tersebut akan menjadikan sungai-sungai yang ada di sekitarnya menjadi dangkal.

Selain itu hutan yang terdapat di lereng-lereng curam sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor.

4. Menjaga Tanah tetap Subur

Jika diperumpamakan, hutan adalah tempat pengomposan berukuran super besar atau raksasa. Berbagai jenis material organik akan terurai menjadi humus di dalam hutan.

Humus yangada di dalam hutan ini berfungsi sebagai pupuk yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Sehingga tumbuhan atau pepohonan bisa tumbuh subur dengan sendirinya.

5. Penyimpan Sumber Daya Genetika

Di dalam hutan terdapat plasma nuftah yang sangat tinggi. Berbagai keanekaragaman hayati hutan merupakan sumber kehidupan bagi semua jenis mahluk yang ada di dalamnya.

6. Habitat Alami Hewan dan Tumbuhan

Hutan sebagai rumah alami bagi berbagai macam hewan dan tumbuhan. Selain itu hutan juga mampu melindungi populasi aneka macam hewan dan tanaman yang hidup di dalamnya.

7. Tempat Pengembangan Ilmu dan Riset Tentang Alam

Hutan juga bisa menjadi tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan tentang alam dan labolatorium alam.

Hutan dapat dijadikan program penelitian untuk meningkatkan berbagai penemuan yang bisa bermanfaat bagi kemajuan teknologi dan lainya.

# Contoh Hutan Lindung yang ada di Indonesia

Pada saat ini hutan di Indonesia telah mencapai 129 juta hektar. Wilayah hutan tersebut terbagi menjadi hutan konversasi seluas 27 juta hektar, hutan lindung dengan luas 30 juta hektar dan sisanya sebagai hutan produksi.

Kawasan hutan lindung di indonesia yang tersebar di berbagai pulau diantaranya:

1. Hutan Lindung Wehea

Hutan Lindung Wehea
www.worldwildlife.org

Hutan ini terlaetak di daerah kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Area hutanya mempunyai wilayah seluas 38.000 hektar.

Pada awalnya hutan ini adalah konsesi penebangan yang kemudian ditetapkan sebagai hutanlindung pada tahun 2004 oleh masyarakat asli Dayak Wehea.

Kemudian pada tahun 2005 pemerintah kabupaten membentuk sebuah Badan Pengelola Wehea yang terdiri dari unsur Pemerintah, Masyarakat Adat, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Lembaga Pendidikan.

Pada tahun 2009 proyek Wehea menerima sebuah penghargaan Kalpataru, suatu penghargaan yang tertinggi di bidang lingkungan hidup dari pemerintah pusat.

Hutan Wehea menjadi penopang tiga sub Daerah Aliran Sungai, yaitu sungai seleq, Sekung dan Melinyu. Ke tiga sungai ini bermuara ke sungai Mahakam.

Wilayah hutan ini juga menjadi rumah asli bagi orang utan dan berbagai jenis satwa Kalimantan lainya.

2. Hutan Lindung Sungai Wain

hutan lindung sungai wain
http://miner8.com/

Hutan lindung sungai wain secara administratif Pemerintahan berlokasi di Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara dan Kelurahan Kariangau Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur.

Secara geografis terletak antara 116º47′ – 116º55′ Bujur Timur dan 01º02′ – 01º10′ Lintang Selatan

Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW), hutan ini menjadi salah satu objek wisata unggulan Pemerintah kota Balikpapan , Kalimantan timur.

Kawasan HLSW  meliputi area seluas 9.728,80 hektar, yang merupakan rumah bagi beberpa jenis satwa dari Kalimantan seperti orang utan, kantong semar, bekatan dan tumbuhan endemic Balikpapan yaitu Eltingera Balikpapanensis.

Pada tahun 2006, Mentri kehutanan telah mengeluarkan 290 hektar kawasan HLSW untuk keperluan khusus, yaitu pembangunan kebun raya Balikpapan.

 

Kunjugi: Media Tanam Hidroponik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *