Ad Clicks : Ad Views :
img

Fakta Mengerikan Tentang Junk Food Bagi Kesehatan

/
/
/
471 Views

Junk Food, semua orang pasti tahu tentang jenis makanan ini. Di jaman sekarang tentunya sangat mudah untuk menemukan yang namanya junk food. Banyak masyarakat yang sangat menyukai makanan ini selain enak rasanya cara penyajianya juga cepat dan praktis (fast food). Sebagian besar bahan makanan ini dari daging. Istilah junk food sendiri telah diciptakan oleh Michael Jacobson pada tahun 1972.

Namun, banyak juga orang yang mengetahui kekurangan junk food dari pada makanan lainya pada umumnya. Kandungan bahan-bahan di dalamnya ternyata berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus. Berikut fakta-fakta tentang junk food yang tidak diberitahukan produsen kepada konsumen:

#Daging Sebagai Bahan Utama Junk Food

beef-burger
www.yogabugs.com

Seperti yang telah diterangkan di atas, bahwa bahan dasar dari junk food kebanyakan adalah daging-dagingan atau manis-manisan. Ada banyak jenis daging yang digunakan dalam membuat junk food seperti daging ayam atau daging sapi. Sebagian besar produsen mengolah ribuan daging sekaligus. Resiko penularan penyakit tentunya cukup besar, oleh karena itu pabrik memandikan sapi dengan gas amoniak.

Selain itu ada juga produsen yang menggunakan lean beef untuk diolah menjadi junk food. Hal ini tentu saja mengejutkan, karena lean beef merupakan makanan yang diberikan kepada anjing peliharaan.

#Bahan yang Digunakan Sebagai Pengembang Roti

donuts-junk-food
doctorstoyou.com

Salah satu makanan yang sering kita jumpai di junk food adalah berbagai jenis roti atau roti sandwich. Roti sandwich akan sangat nikmat jika dimakan ketika masih hangat dan mengembang di dalamnya memiliki isi yang banyak dan beragam. Namun terdapat fakta yang mengejutkan dibalik lezatnya roti sandwich ini. Bahan yang digunakan untuk mengembangkan roti ternyata sangat berbahaya jika dikonsumsi tiap hari. Bahan ini termasuk kategori bahan kimia yang dapat mengakibatkan rusaknya organ tubuh yaitu ammonium sulphat.

#Makanan yang Digunakan Sebagai Pakan Ayam

chicken-junk-food
www.fanpop.com

Kita pasti sangat gemar mengkonsumsi daging ayam, terlebih jika disajikan dengan berbagai bumbu yang nikmat. Namun anda perlu berhati-hati jika hendak mengkonsumsi junk food yang berbahan dasar ayam. Seorang ilmuan bernama John Hopkins meneliti beberapa sample bulu-bulu ayam yang diambil dari beberapa restoran yang berbeda. Ternyata, dari bulu ayam ini dapat diketahui bahwa ayam yang digunakan memiliki beberapa keanehan. Hal yang aneh adalah dari makanan yang digunakan sebagai pakan ayam. Makanan yang diberikan kepada ayam yaitu berupa obat-obatan dan kafein. Hal ini tentu akan berdampak pada kualitas daging ayam dan orang yang mengkonsumsinya.

 #Kandungan Kadar Gula/Pemanis yang Tinggi

junk-food
drcarriejardine.wordpress.com

Jumlah perasa dan pemanis buatan yang digunakan dalam junk food dapat menyebabkan efek berbahaya pada anak-anak. Di dalam minuman coca cola mengandung 10 sendok teh gula setiap kalengnya. Tentu ini akan menyebabkan obesitas bagi yang sering mengkonsumsinya. Makanan lain yang mengandung gula berlebih seperti coklat, biskuit, kue dll.

Selain itu jumlah gula yang tinggi di dalam junk food menyebabkan insulin tetap tinggi sehingga akan memicu masalah metabolik. Gula yang tidak digunakan oleh tubuh akan berubah menjadi lemak. Oleh karena itu orang yang mengkonsumsi junk food terlalu sering, akan beresiko mengalami kelebihan berat badan.

#Minyak yang Digunakan Untuk Mengolah Junk Food

minyak-junk-food
hamodia.com

Berbagai jenis makanan semisal permen, keripik, makanan yang digoreng, muffin dll. Olahan makanan yang digoreng di dalamnya mengandung jumlah minyak terhidrogenasi dan lemak yang cukup tinggi. Minyak terhidrogenasi atau biasa dikenal dengan istilah lemak trans tidak memiliki manfaat apapun di dalam tubuh, bahkan bisa berakibat negatif untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak dan akan mengakibatkan kelebihan berat badan.

Demikian berbagai fakta mengenai junk food, banyak terkandung zat-zat berbahaya di dalamnya yang jika dikonsumsi terus menerus akan mengakibatkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Baca : Aneka Kreasi Makanan Sehat dan Lucu

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *