Ad Clicks : Ad Views :
img

Ternyata, Daun Bidara Memiliki Banyak Khasiat yang Jarang Diketahui

/
/
/
930 Views

Daun Bidara – Bidara atau widara (ziziphus mauritania) adalah sejenis pohon yang bisa menghasilkan buah meskipun tumbuh di daerah kering. Tinggi pohon bidara bisa mencapai 5-15 meter. Pohon ini tumbuh tegak atau melebar dengan cabang-cabang yang menjuntai dan memiliki letak ranting-ranting yang tidak beraturan. Pohon bidara berwarna hijau dan terdapat duri-duri kecil pada daunya.

1. Pohon bidara disebut di Al-Quran

pohon-bidara
id.wikipedia.org

Di dalam surat Al-Waqi’ah disebutkan tentang kelompok kanan dan penghuni syurga yang berada dibawah pohon bidara yang tidak berduri.

Allah berfirman :

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas,dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak,” (QS. al-Waqi’ah (56) : 27-32)

Menurut Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma pohon bidara yang dimaksud adalah yang telah dihilangkan durinya ataupun buahnya yang lebat.

Berkata Ibnu Katsir rohimahulloh setelah menukil beberapa pendapat (tentang pohon bidara dalam ayat tersebut): Dhohirnya yang dimaksud adalah pohon bidara di dunia banyak durinya dan sedikit buahnya, adapun di akhirat kebalikannya, tidak ada durinya dan buahnya banyak.

Hadits dari ‘Aisyah bahwasanya Asma` bintu Syakal bertanya kepada Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi Haid, maka Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :

“Hendaklah salah seorang di antara kalian mengambil air dan daun bidara kemudian bersuci dengan sempurna kemudian menyiram kepalanya dan menyela-nyelanya dengan keras sampai ke dasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan air. Kemudian mengambil sepotong kain (atau yang semisalnya-pent.) yang telah diberi wangi-wangian kemudian dia bersuci dengannya. Kemudian Asma` bertanya lagi : “Bagaimana saya bersuci dengannya?”. Nabi menjawab : “Subhanallah, bersuci dengannya”. Kata ‘Aisyah : “Seakan-akan Asma` tidak paham dengan yang demikian, maka ikutilah (cucilah) bekas-bekas darah (kemaluan)”. (HSR. Muslim)

2. Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

daun-bidara-untuk-kesehatan
www.feedipedia.org

# Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka luar seperti lecet, terkena goresan benda tajam ternyata dapat disembuhkan menggunakan daun bidara. Daun bidara mengandung senyawa inflamasi yang mampu membuat luka pada kulit lebih cepat sembuh. Daun bidara yang digunakan untuk mengobati luka luar adalah daun bidara kering yang sudah diolah menjadi bubuk. Campurkan bubuk daun bidara dengan air secukupnya kemudian oleskan pada kulit yang luka.

# Meringankan Luka Bakar

Manfaat daun bisa digunakan untuk mengobati luka bakar pada kulit. Daun bidara yang masih hijau dan segar bisa memberikan efek dingin pada luka bakar. Selain itu zat yang terkandung pada daun bidara bisa mencegah bekas luka bakar pada kulit. Carilah beberapa lembar daun bidara yang masih segar kemudian cuci dan tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar.

# Digunakan untuk Kecantikan

Sejak zaman kuno di china, daun bidara telah dipercaya untuk mempercantik wajah. Secara efektif daun bidara bisa mengobati masalah jerawat dan berbagai efek penuaan seperti keriput, lingkar hitam pada mata dll. Untuk memakainya bisa diolah menjadi masker daun bidara, caranya :

  • Hancurkan daun bidara hingga menjadi bubuk
  • Campurkan dengan air secukupnya hingga menjadi masker
  • Pakailah masker daun bidara secara merata pada bagian wajah
  • Tunggu beberapa saat hingga kering
  • Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat setelah semua lapisan masker mengering
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya dipakai secara teratur selama 2 kali dalam seminggu.

# Mencegah Penyakit Diabetes

Pemakaian daun bidara kering untuk pengobatan penyakit diabetes ternyata terbukti ampuh. Kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

Penyebab diabetes adalah tubuh tidak bisa mengatur kadar gula pada darah. Kerusakan sistem insulin dalam tubuh akan menyebabkan beberapa penyakit seperti jantung dan gagal ginjal. Daun bidara kering yang sudah diolah seperti teh, jika dikonsumsi dapat menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan sistem insulin.

3. Manfaat Daun Bidara untuk Menghilangkan Gangguan Jin dan Sihir

Wahb bin Munabih adalah salah seorang pemuka tabi’in yang dikenal sebagai ahli dalam bidang sejarah dan ilmu kedokteran. Beliau menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang dihaluskan kemudian dicampur dengan air dan dibacakan Ayat Kursi, surat Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13)

Cara mengolahnya, haluskan tujuh lembar daun bidara yang masih hijau menggunakan tumbukan batu, cobek atau sejenisnya. Kemudian campurkan dengan air yang mau digunakan untuk mandi dan bacakan ayat-ayat Al-Quran.

Setelah dibacakan ayat-ayat Al-Quran hendaklah ia meminumnya sebanyak 3 kali, kemudian gunakan air yang tersisa untuk mandi. Dengan demikian penyakit sihir dan gangguan jin akan hilang.

Jika orang yang terkena gangguan jin atau sihir meraung-raung kesakitan maka tetaplah lanjutkan menyiram air campuran bidara tersebut. Karena itu adalah raungan jin kafir yang mengganggu pasien tersebut.

 

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *