Ad Clicks : Ad Views :

Beginilah Cara Memasang AC Hemat Listrik yang Benar

/
/
/
284 Views
img

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara menggunakan AC yang baik dan benar agar listrik tidak boros dan umur AC bisa panjang. Hal ini harus diberitahukan karena banyak sekali pengguna AC yang tidak tahu cara pakai dan membuat AC jadi cepat rusak.

Masalahnya adalah ketika AC rusak mereka akan menyalahkan merek AC-nya. “AC merek ini jelek”, “AC merek itu cepet rusak” dan berbagai perkataan lainnya yang sudah biasa kami dengar. Padahal sebenarnya masalah seperti ini datang dari kesalahan diri sendiri dalam menggunakan AC.

Pertanyaan macan ini sering kami dapatkan ketika customer atau calon pelanggan menghubungi kami, baik via whats’app, BBM , telepon atau bahkan sewaktu datang langsung ke toko. Sebenarnya hal-hal seperti tadi sangat mungkin dihindari jika kita tahu cara menggunakan AC yang baik dan benar.

Maka dari itu kami berinisiatif untuk membuat sebuah artikel yang menerangkan dengan jelas tentang bagaimana caranya menggunakan AC yang baik dan benar.

Tips Cara Menggunakan AC dengan baik dan benar.

Cara Memasang AC
AC Hemat Energy

1. Pastikan PK AC sesuai dengan ukuran ruangan.

Hal ini merupakan masalah klasik dalam penggunaan AC. Hal ini juga sudah berkali-kali kami jelaskan kepada para pembeli. Banyak orang yang menggunakan AC dengan kapasitas kecil untuk ruangan yang besar. Akibatnya Kompresor AC jadi bekerja jauh lebih keras dibanding kemampuan aslinya.

Bayangkan sebuah mobil yang jalan dengan kecepatan standar dengan mobil yang jalan kebut-kebutan dan gas digeber terus menerus. Mobil mana yang lebih awet? Mobil mana yang harga jual kembalinya lebih tinggi? Tentu saja mobil yang digunakan dengan kecepatan standar dan tidak melebihi kapasitasnya.

Analogi tersebut sebenarnya berlaku hampir pada semua hal. Hanya karena AC sanggup mendinginkan ruangan yang besar bukan berarti Anda bisa menggunakannya seenaknya. Kalau AC rusak tentu yang rugi adalah Anda sendiri.

2. Jangan langsung menyalakan AC jika terjadi mati listrik atau tombol OFF terpencet.

Ini merupakan salah satu tips paling efektif dalam memperpanjang umur AC. Sebaiknya biarkan dulu AC tetap mati selama kurang lebih 1 menit agar gas freon dan oli kembali ke kompressor. Hal ini dapat membuat umur kompressor lebih panjang dan otomatis membuat AC Anda lebih awet.

3. Jangan mengatur suhu AC sampai 16 derajat dan Fan Speed dalam kecepatan Maksimum.

Ini merupakan kesalahan terbesar sepanjang sejarah penggunaan AC oleh umat manusia. AC adalah kependekan dari Air Conditioner, bukannya AIR COOLER. Tentu hal ini memiliki perbedaan sangat besar.

Menggunakan AC dengan suhu 24-25 derajat dan fan speed 1 atau 2 sebenarnya sudah lebih dari cukup. Coba saja Anda pergi ke mall dan tanya pada OB yang bertugas, pasti suhu AC tidak diset lebih dari 25 derajat. Hal ini karena mereka menggunakan AC yang lebih besar dari kapasitas ruangan.

Coba saja Anda jalan-jalan ke daerah dingin seperti Lembang di Bandung. Dengan suhu sekitar 18 derajat saja Anda sudah bisa mengeluarkan asap dari mulut. Namun apakah itu berarti jika men-set suhu AC 18 derajat akan membuat Anda bisa mengeluarkan asap juga? Tentu itu hal yang tidak mungkin, bukan seperti itu caranya AC bekerja. Karena itu gunakan AC dengan menggunakan setting standar agar awet dan tidak boros listrik.

Sekian tips yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar