Ad Clicks : Ad Views :
img

Wisata Pemandian Air Panas Ciater Spa Resort

/
/
/
519 Views

Melakukan aktifitas liburan bersama keluarga merupakan hal menyenangkan yang ditunggu-tunggu. Oleh karena itu ketika menjelang musim liburan, kita harus sudah mulai merencanakan tempat tujuan wisata yang akan kita kunjungi untuk menghabiskan waktu dimusim liburan tersebut.

Beberapa diantaranya mungkin lebih menyukai berkunjung ke tempat-tempat museum bersejarah, ada juga yang suka mengunjungi tempat wisata kebun binatang, namun biasanya kebanyakan orang lebih menyukai suasana pegunungan yang asri dan sejuk dengan pemandangan panorama yang memanjakan mata.

Lain lagi denga tempat wisata Ciater Subang yang berada di Provinsi Jawa Barat. Berwisata ke Ciater merupakan liburan wisata dengan suasana sejuk ala pegunungan yang indah pemandanganya serta bisa memanjakan tubuh dengan berendam di kolam pemandian air panas.

Lokasi pemandian air panas ciater tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Air panas yang dihasilkan di pemandian ini berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Air panas yang mengalir tidak hanya dialirkan ke kolam saja, namun juga dipakai untuk pengairan sawah.

Pemandian Air Panas Ciater Spa
Panoramio.com

Air yang ada di lokasi wisata ini mempunyai kandungan magnesium, kalsium, sulfat, chloride, mineral thermo, hypertherma dan kadar aluminium serta keasaman yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen dan ph 2,45.

Suhu air panas yang berasal dari mata air Ciater berkisar antara 43—46 derajat Celcius. Sedangkan air yang telah dialirkan ke kolam pemandian mempunyai temperatur antara 37 hingga 42 derajat Celsius.

Lokasi Pemandian Air Panas Ciater

Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tepatnya di perbatasan antara kota Bandung dan Subang, juga bersebelahan dengan kota Lembang.

Jika anda berasal dari luar kota Bandung , bisa mengunjungi kota ini terlebih dahulu melalui jalur udara maupun darat. Jika anda berasal dari Jakarta bisa menggunakan mobil pribadi.

Jika anda berangkat dari Jakarta bisa mengambil rute perjalanan dari Jakarta – Ciater yang dapat ditempuh dengan 2 rute yaitu melewati jalur Puncak (212 km) atau lewat jalan tol Cikampek – Bekasi (185 km).

Sejarah Singkat Air Panas Ciater

Sekitar pada tahun 1960-an seorang kakek yang bernama Mbah Ebos berupaya untuk membuka hutan di kawasan tersebut. Daerah hutan yang sebelumnya dianggap angker oleh masyarakat diubah menjadi sebuah perkampungan yang kemudian diberi nama Ciater yang berarti “air yang memancar”. Dari sinilah asal mula nama Ciater.

Kemudian pada tabhun 1968, pemerintah subang melihat potensi air panas yang memancar di lokasi ini. sehingga lokasi ini kemudian dikembangkan oleh pihak pemerintah sebaga tempat wisata dengan menggandeng Dispenda.

Harga Tiket Masuk Ciater

Untuk bisa masuk pemandian air panas Ciater anda akan dikenakan tiket yaitu sebagai berikut:

  • Harga tiket masuk untuk area pemandian air panas Ciater Rp. 22.000,- / orang.
  • Untuk tiket masuk kolam pemandian air panas sederhana harganya bervariasi mulai dari Rp. 20.000,- sampai Rp. 55.000,- / orang. Perbedaan fasilitas yang membedakan harga tersebut.
  • Sedangkan tiket masuk kolam pemandian air panas utama sebesar Rp. 80.000,- / orang.

Fasilitas Pemandian Air Panas Ciater

Lokasi wisata ini telah banyak mengundang para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Oleh sebab itu di lokasi ini terdapat berbagai fasilitas yang cukup komplit semisal Puspa Sari Hotel, Ciater Spa Resort, Gracia Spa Resort Hotel dan Spa and Restaurant.

Sedangkan pada bagian pemandian air panas ciater juga terdapat aneka wahana bemain untuk anak-anak, camping ground, lokasi outbond, kolam pemancingan dan area olahraga. Anda juga bisa mengadakan sebuah acara di lokasi ini karena disediakan juga ruang konferensi dengan ruang makan yang cukup luas.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *