Ad Clicks : Ad Views :
img

Penjelasan Ukuran Lapangan Futsal dan Peraturannya

/
/
/
110 Views

Ukuran Lapangan Futsal – Pada tulisan kali ini penulis akan membahas tentang ukuran lapangan standar Nasional dan Internasional. Sebelum membuat lapangan futsal lebih baik mengetahui dahulu ukuran pastinya agar tidak keliru dalam membuat standar lapangan futsal baik skala Nasional atau Internasional.

Kita semua tahu bahwa lapangan futsal berbentuk persegi panjang.  Pada permukaan lapangan juga harus rata.

Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis, rumput asli, lantai vinyl atau bahkan dari kayu, tetapi tidak jarang juga di indonesia lapangan futsal menggunakan bahan beton atau bata meskipun ini kurang baik/kurang ideal.

Apabila kita sering bermain olahraga futsal di beberapa penyewaan lapanagan futsal, coba cermati ukuranya, pasti sering kita rasakan adanya perbedaan antara penyewa lapangan satu dengan lainya. Perbedaan ini biasanya karena kurangnya pengetahuan tentang ukuran standar lapangan atau memang terbatasnya lahan yang ada.

Tidak jarang memang beberapa penyedia lapangan futsal memilih untuk mengesampingkan membuat lapangan futsal dengan standar Nasional atau Internasional.

Karena lapangan-lapangan tersebut dibuat tidak untuk kejuaraan resmi, sehingga tidak masalah jika tidak memenuhi standar. Yang terpenting dalam membuat lapangan futsal haruslah berbentuk pesegi panjang dan permukaan lantai rata.

1. Ukuran Lapangan Futsal

Lapangan futsal standar Nasional panjang lapangan 25-43 m x lebar 15-25 m. sedangkan lapangan futsal standar Internasional panjang lapangan 38x42m x lebar 18×25 m

standar-lapangan-futsal
www.laromafs.com
  • Garis batas: lebar garis 8 cm, garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  • Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang
  • Jarak titik penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
  • Jarak titik penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang
  • Zona pergantian: daerah 5 m (5 m dari garis tengah lapangan futsal) pada sisi tribun dari pelemparan
  • Gawang: dengan tinggi 2 m x lebar 3 m

2. Bola yang Digunakan Dalam Futsal

bola-futsal
www.cugetliber.ro

Bola futsal berbentuk bulat sempurna. Bahan yang digunakan untuk membuat bola futsal biasanya adalah dari bahan kulit atau bisa juga dari bahan lain yang layak untuk digunakan dan tidak membahayakan.

Diameter bola futsal 62 – 64 cm, berat bola sekitar 400 – 440 gram, dan tekanan udara di dalam bola 0,4 – 0,6 atm. Tinggi pada pantulan bola pertama 55-65 cm.

3. Peraturan Permainan Futsal

wasit-futsal
www.sefutbol.com
  • Jumlah pemain maksimal untuk masing-masing team adalah 5 pemain, salah satunya termasuk penjaga gawang.
  • Jumlah minimal pemain yang ada dalam team adalah 2 orang (tidak cidera) jika kurang maka pertandingan akan dihentikan.
  • Pemain cadangan yang tersedia maksimal 7 orang
  • Wasit berjumlah 2 orang
  • Batas jumlah pergantian pemain tidak ada batasan
  • Metode pergantian pemain adalah “metode melayang” (semua pemain boleh keluar atau masuk lapangan kapan saja kecuali penjaga gawang. Pergantian penjaga gawang hanya boleh dilakukan ketika bola tidak sedang dimainkan dan itu dilakukan dengan persetujuan wasit)
  • Wasit berada di luar garis lapangan, ia tidak boleh masuk area lapangan, kecuali jika ada insiden pelanggaran yang memang mengharuskan wasit untuk masuk ke dalam lapangan.

4. Durasi Permainan Futsal

Durasi normal permainan futsal adalah 2×20 menit dengan tambahan durasi istirahat 10 menit. Bila hasil pertandingan masih seimbang maka akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu atau injury time yaitu 2×5 menit. Jika setelah dilakukan perpanjangan waktu ternyata hasilnya masih seimbang makan akan dilanjutkan dengan adu pinalti dengan maksimal 5 gol.

Sumber: Fifa.com dan Wikipedia.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *