Ad Clicks : Ad Views :
img

Panduan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Lengkap Dengan Gambar

/
/
/
437 Views

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis – Bulu tangkis atau yang biasa dikenal dengan sebutan badminton ini, merupakan salah satu cabang olahraga yang popular dikalangan masyarakat Indonesia.

Banyak sekali atlet Indonesia yang berhasil menyabet berbagai medali di kancah International. Bahkan Indonesia pernah memenangkan kejuaraan bulu tangkis kelas asia ataupun kelas dunia.

Indonesia sanggup menjadi lawan yang tangguh bagi musuh-musuhnya dan berhasil merebut gelar juara, dari tahun ke tahun Indonesia semakin berprestasi.

Jika anda merupakan pecinta olahraga bulu tangkis dan sedang mendalami olahraga tersebut, sebaiknya anda harus mengetahui perlengkapan yang dibutuhkan, peraturan bulu tangkis dan ukuran lapangan standar bulu tangkis yang biasa digunakan pada kelas nasional ataupun internasional.

# Peralatan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis membutuhkan beberapa peralatan untuk bisa memainkanya, berikut beberapa peralatan yang harus anda sediakan sebelum memainkan permainan bulu tangkis.

1. Raket (alat pemukul)

Raket
pixabay.com

Raket adalah alat yang digunakan pemain untuk memukul bola (shuttlecock). Alat pemukul ini sangat ringan namun sangat kuat.

Bahan yang digunakan pada raket sangat bervariasi. Secara tradisional raket dibuat dari bahan kayu. Kemudian logam ringan atau aluminium menjadi bahan yang lebih banyak digunakan.

Namun sekarang, hampir semua raket bulu tangkis yang digunakan para pemain professional menggunakan bahan komposit serat karbon (plastic bertulang grafit).

Serat karbon memiliki kekuatan yang sangat hebat terhadap perbandingan berat, kaku dan mampu memberikan perpindahan energy kinetic yang hebat.

Namun beberapa model rendahan masih menggunakan bahan baja atau aluminium untuk sebagian ataupun keseluruhan raket.

Dalam memilih raket ada hal-hal yang perlu untuk diperhatikan yaitu diantaranya:

  1. Berat Raket : Berat raket yang biasa digunakan untuk permainan bulu tangkis adalah antara 85 hingga 100 gr.
  2. Titik Keseimbangan : Dalam memilih raket titik keseimbangan menjadi faktor yang cukup penting. Karena hal ini akan berpengaruh dalam akurasi pukulan smash atau ketika bertahan.
  3. Tingkat Kekakuan : Ada dua macam batang raket, yaitu batang raket yang fleksibel dan batang raket yang kaku. Batang raket yang fleksibel terasa lentur ketika melakukan pukulan, sedangkan yang kaku kebalikanya.
  4. Bentuk Frame Kepala Raket : Tipe konvensional (oval) mempunyai titik untuk melakukan pukulan yang baik. Isometric (hampir persegi) memiliki bentuk kepala hampir mirip mendekati persegi, jenis ini yang banyak digunakan saat ini.

Baca Juga: Gambar dan Penjelasan Lengkap Ukuran Lapangan Bola Basket

2. Senar Raket

Senar Raket Bulu Tangkis
www.victorsport.com.tw

Raket tanpa adanya senar, maka tidak akan berguna. Begitu juga sebaliknya. Senar dan raket adalah satu paket yang harus ada.

Mungkin hal ini yang sering menjadi perhatian banyak orang. Jenis senar ada bermacam-macam. Kualitas keawetan dan dalam masalah kinerja juga berbeda.

Kebanyakan senar memiliki ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 hingga 21+Ib.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kualitas senar yang akan kita pakai, tentunya pakai senar yang bagus, supaya dalam memainkan bulu tangkis bisa maksimal dan nyaman saat memakainya. Hal yang perlu diperhatikan tarikan senar, jenis senar dan simpul senar yang digunakan.

Senar raket badminton atau bulu tangkis juga mempunyai tarikan tertentu yang biasanya diatur menggunakan alat untuk menganyam senar ke raket.

Setiap raket harus ada batas maksimum untuk dianyam, hal ini bisa dilihat pada bagian gagang raket, biasanya akan ada rekomendasi tarikan minimum dan maksimum untuk raket.

3. Shuttlecock (kok)

Shuttlecock
www.ipna.ir

Shuttlecock adalah bola yang digunakan dalam permainan bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal membentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.

Shuttlecock memiliki berat sekitar 73 – 85 grains (4,47 – 5,50 gram) dan harus memiliki 14 hingga 16 helai bulu yang tertancap pada gabus yang bergaris 1-1/8 inch atai 25 –  28 milimeter.

Sedangkan untuk ukuran bulunya harus berukuran 62 – 70 mm dari ujung paling atas hingga ujung pada gabus.

Garis tengah atau diameter pada bagian atas shuttlecock 54 – 56 mm dan harus melekat dengan kuat atau diikat dengan benang.

Ada juga kok yang terbuat bahan dari plastik, biasanya jenis kok ini digunakan hanya untuk latihan saja dan jarang digunakan dalam perlombaan bulu tangkis.

4. Tinggi Net Bulu Tangkis

net badminton
www.mybadmintonstore.com

Net memiliki peran yang sangat penting dalam permainan bulu tangkis, net berfungsi sebagai pembatas antara pemain yang satu dengan pemain yang lain. Net memiliki tinggi 155 cm dan sama untuk semua jenis permainan, baik itu tunggal ataupun permainan ganda.

Pemain tidak boleh menyentuh net baik itu dengan tangan atau menyentuhnya menggunakan raket ketika pertandingan sedang berlangsung, jika hal ini terjadi maka lawan akan mendapatkan tambahan poin.

5. Sepatu Bulu Tangkis

Sepatu badminton
Pinterest.com

Ketika sedang melakukan olahraga bulu tangkis sangat dianjurkan untuk menggunakan sepatu bulu tangkis khusus atau bisa juga menggunakan sepatu olahraga lainya.

Hal ini berfungsi untuk menghindari terjadinya cedera pada kaki, terlebih jika anda bermain di lapangan bulu tangkis yang terbuat dari lantai beton tidak dari lantai vinyl, tentu hal ini lebih berbahaya lagi.

Selain itu menggunakan sepatu saat melakukan olahraga bulu tangkis akan menambah skill permainan dan menghindari terpeleset, sehingga permainan bisa maksimal dan menjadi lebih gesit tanpa takut terjatuh.

# Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis
www.sports247.my

Di dalam permainan bulu tangkis, ada 2 ukuran lapangan bulu tangkis standar yang sering digunakan sesuai standar BWF (Badminton World Federation), yaitu pertandingan tunggal dan pertandingan ganda.

Berikut ukuran lapangan bulu tangkis yang biasa digunakan dalam kompetisi tingkat dunia.

  • Ukuran panjang lapangan bulu tangkis yaitu 13, 40 meter.
  • Untuk lebar lapangan bulu tangkis memiliki ukuran 6,10 meter.
  • Jarak antara garis net hingga garis serve depan lapangan bulu tangkis 1,98 meter.
  • Jarak antara garis serve tengah dengan garis samping yaitu 3,05 meter.
  • Jarak antara garis serve belakang (pertandingan ganda) dengan garis belakang lapangan yaitu 0,76 meter.
  • Jarak antara garis samping pada permainan bulu tangkis tunggal dengan garis pinggir lapangan yaitu 0,46 meter.
  • Tinggi tiang net pada lapangan permainan bulu tangkis memiliki ukuran yaitu 1,55 meter.

Selain ukurang tersebut, ternyata Badminton World Federation membedakan ukuran lapangan bulu tangkis tunggal dan lapangan bulu tangkis untuk ganda.

1. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal

ukuran lapangan badminton
www.badmintonact.asn.au
  • Panjang lapangan bulu tangkis untuk pertandingan tunggal putra ataupun putri adalah 13,40 meter.
  • Panjang bidang penerima serve adalah 4,27 meter.
  • Lebar lapangan permainan bulu tangkis yaitu 5,18 meter.
  • Lebar bidang penerima serve permainan bulu tangkis yaitu 2,59 meter.

2. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Pertandingan Ganda Putra dan Putri atau Campuran

  • Panjang ukuran lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter
  • Panjang bidang penerima serve 3,96 meter.
  • Lebar ukuran lapangan permainan bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Lebar bidang penerima serve permainanbulu tangkis adalah 3,05 meter.

Setelah mengetahui berbagai ukuran dan peralatan yang dibutuhkan sesuai standar yang sering digunakan, oleh karena itu diharapkan bagi anda yang menyukai olahraga tersebut bisa menambah sedikit wawasan tentang badminton.

Selain itu anda juga bisa mengukur kecepatan  serta jarak pukulan agar pukulan yang dihasilkan bisa lebih terukur dan tidak melebihi batas yang telah ditentukan.

2 Comments

  1. wah lengkap sekali penjelasnnya pak, sekarang tambah ilmu dalam mengetahui ukuran lapangan bulutangkis ini, makasih ya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *