Ad Clicks : Ad Views :
img

Tips Jitu Menambah Berat Badan & Meningkatkan Nafsu Makan

/
/
/
91 Views

Menurunya nafsu makan merupakan masalah yang erkadang membuat frustasi orang-orang yang mempunyai tubuh kurus dan ingin menggemukan badan dengan cepat.

Namun, bagaimana bisa berat badan menambah sedangkan nafsu makan saja rendah, padahal kita semua tahu bahwa makanan adalah sumber utama energy dan nutrisi yang mampu meningkatkan berat badan.

Banyak factor yang menjadi penyebab turunya nafsu makan seseorang, semisal ketika seseorang sedang mengkonsumsi obat karena sedang masa pengobatan, kondisi emosional seperti depresi atau rasa cemas yang berlebihan, merokok atau bahkan sampai ketika sedang kecanduan alcohol.

Dalam masalah ini anda bisa juga berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui penyebab turunya nafsu makan anda, karena bisa saja kondisi tersebut berasald ari penyakit yang sedang anda derita atau yang lainya.

Berikut beberapa tips ampuh dalam menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan anda.

Makanan Sehat
RTBF.be

1. Makanan Sehat yang Bisa Menggugah Selera Makan Anda

Makanan yang mempunyai aroma sedap dan atraktif dari biasanya, bisa meningkatkan selera makan anda sehingga bisa memperbaiki nafsu makan anda yangs edang dalam kondisi menurun.

Makanan yang sedap dipandang dan beraroma yang sedap di hidung, tentunya akan bisa menggugah selera makan siapa saja. Mintalah kepada keluarga anda untuk menyajikan menu makanan yang paling anda sukai.

Biasakan untuk menghindari minum sebelum atau pun ketika sedang makan, karena minum bisa membuat anda merasa lebih cepat kenyang.

2. Jangan Lupa untuk Selalu Sarapan Pagi

Kita semua tahu bagaimana pentingnya sarapan pada pagi hari. Sarapan sangat diperlukan untuk memulai metabolism tubuh anda setelah melalui malam yang panjang tanpa makan.

Dengan melakukan sarapan makan energy akan bertambah banyak dan menjadikan anda siap untuk menjalankan aktifitas seharian sepanjang hari. Beberapa jenis makanan yang bisa anda pilih untuk melakukan sarapan pagi diantaranya adalah makanlah buah- buahan sebanyak 3-4 jenis buah dan lakukan dengan teratur setiap hari.

Jika anda ingin meningkatkan jumlah kalori ketik asarapan, anda bisa menambahkan beberapa selai kacang roti gandum atau roti panggang ditambah susu.

3. Bumbu Makanan dan Herbal

Nafsu makan juga bisa distimulasi melalui bumbu atau herbal semisal gingseng, jahe, dandelion, daun papaya, lemon atau jeruk, peppermint, temulawak dan alfafa. Campurkan beberapa bahan tersebut ke dalam makanan anda, atau anda bisa mengolahnya langsung menjadi minuman, dan mengkonsumsinya dengan teratur.

 4. Mengkonsumsi Multivitamin

Dengan mengkonsumsi multivitamin, maka nutris yang hilang selama nafsu makan anda sedang dalam kondisi menurun akan tergantikan. Asupan vitamin B juga baik untuk merangsang nafsu makan anda. Begitu juga dengan asupan gizi zinc dan copper (tembaga) yang mampu membantu mempertajam indera perasa anda. Konsumsilah multivitamin yang sehat, semisal suplemen multivitamin kianpi pil.

5. Olahraga Ringan

Berolahraga meskipun hanya olahraga ringan, mampu meningkatkan nafsu makan anda cukup efektif. Anda bisa berolahraga santai semisal jogging, bersepeda, berenang atau bisa juga dengan olahraga yoga yang dapat menimbulkan rasa lapar tanpa membakar kalori secara berlebihan. Olahraga akan membantu menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan memancing rasa lapar anda, sehingga akan meningkatkan nafsu makan anda.

6. Sediakan Camilan Sehat

Makanlah cemilan sehat apabila anda memiliki masalah dengan porsi makan besar. Pilihlah makanan camilan sehat yang di dalamnya terkandung gula alami dan lemak sehat semisal pisang, kacang-kacangan, alpukat, popcorn dan camilan sehat lainya.

Meski demikian, perlu anda ketahui juga bahwa makanan tersebut bukanlah pengganti makanan utama. Hindari juga waktu makan cemilan yang terlalu dekat dengan jam makan utama supaya selera makan anda tetap terjaga.

Jika anda ingin badan gemuk maka konsumsilah makanan yang mempunyai banyak kandungan kalori dan protein untuk menjaga jumlah energy dan masa otot.

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *