Ad Clicks : Ad Views :
img

8 Senjata Nuklir yang Paling Ditakuti Dunia

/
/
/
163 Views

Senjata Nuklir yang Ditakuti Dunia – Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaaksi nuklir dan memiliki daya pemusnah yang sangat dasyat. Sebuah bom nuklir dapat memusnahkan sebuah kota hanya dalam sekajab. Sepanjang sejarah, bom nuklir hanya pernah digunakan dua kali yaitu pada perang dunia ke II oleh Amerika Serikat terhadap dua kota Jepang, Hirosima dan Nagasaki. Pada masa itu daya ledak bom nuklir yang dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki sebesar 20 kilo (ribuan) ton TNT. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 mega (jutaan) ton TNT.

1. Senjata Nuklir RT-2UTTKh ‘Topol-M’ (ICBM), Rusia

nuklir-RT-2UTTKh-Topol-M
sosboks.blogspot.com

Nuklir buatan Rusia ini dibekali dengan satu hulu ledak berjenis ICBM (Intercontinental Balistic Missile) atau rudal antar benua berkekuatan 800 kiloton TNT. Topol-M mampu menampung 6 hulu ledak sekaligus
senjata ini sangat sulit dihancurkan jika sudah diluncurkan, karena memiliki roket pengecoh dan kecepatan kilat, sekitar 7,3 km perdetik.

2. Nuklir RSM-56 ‘Bulava’ (SLBM). Rusia

nuklir-bulava
jakartagreater.com

Bulava adalah nuklir jenis SLBM (Submarine-launched Balistic Missile) dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir sekitar 6-10 berkekuatan 150 kiloton bom TNT perbuahnya. Jumlah ini tentunya sangat fantastis, cukup untuk membuat lawan-lawanya berfikir panjang jika mau menyerang rusia.

Senjata nuklir ini diresmikan pada tahun 2013 dan bisa menjangkau target sejauh 8.000 kilometer dan mampu terbang setinggi 300 meter.

3. Nuklir LGM-30G ‘Minuteman III’ (ICBM), Amerika

nuklir-minuteman
www.tarihiolaylar.com

Meskipun senjata nuklir ini tergolong tua yaitu dibangun pada tahun 1970, Minuteman III masih menjadi rudal nuklir antar benua yang sangat menakutkan. Terlebih setelah diperbaruhi dengan dana sekitar USD 7 miliar pada 10 tahun lalu.

Hasilnya, kini Minuteman III memiliki hulu ledak berkekuatan 475 kiloton bom TNT yang mampu terbang dengan kecepatan 8 kilometer per detik.

4. Senjata Nuklir Mematikan R29RMU2 ‘Layner’ (SLBM), Rusia

nuklir-R29RMU2-Layner
www.beritatrendz.com

Layner adalah senjata nuklir Rusia yang terbaru dan resmi beroperasi pada tahun 2014 lalu. Nuklir ini lebih bagus ketimbang Bulava dan mampu menampung lebih banyak hulu ledak nuklir.

Disebutkan, Layner mampu membawa 12 hulu ledak nuklir dengan masing-masing kekuatan 100 kiloton hulu ledak nuklir.

6. Senjata Nuklir UGM-133 ‘Trident II’ (SLBM), Amerika dan Inggris

nuklir-trident-II
www.reddit.com

Saingan terberat R29RMU2 Layner milik Rusia adalah Trident II yang dimiliki oleh Amerika dan Inggris. Meskipun sudah beroperasi sejak tahun 1990, senjata ini secara rutin terus diperbaharui.

Tidak mau kalah dengan Layner, Triden II mampu menampung sekitar 14 hulu ledak nuklir dengan kekuatan 475 kiloton bom TNT per buah. Jarak yang bisa ditempuh oleh Trident II mencapai 11.000 Km.

7. Senjata Nuklir Penghancur DF-5/5A / Dong Feng-5 (ICBM), China

nuklir-DF-5-Dong-Feng-5
news.takungpao.com.hk

Rudal nuklir antar benua buatan China ini tak mau kalah dengan rudal-rudal yang lain. Meskipun bagian luarnya terlihat tua dan tidak terawat, roket ini mampu meluluh lantakan satu negara kecil dalam hitungan detik.

DF-5/5A  atau Dong Feng-5 dilengkapi dengan satu hulul ledak raksasa dengan kekuatan setara 5 megaton bom TNT. Jarak yang bisa ditempuh adalah 12.000 km.

8. Senjata Nuklir Pemusnah R-36M2 ‘Satan’ (ICBM), Rusia

nuklir-R-36M2-Satan-ICBM
jadiberita.com

Nuklir R-36M2 salah satu senjata nuklir paling mematikan di abad ini. Nuklir buatan Rusia ini menjadi nuklir yang paling ditakuti oleh Amerika, saking berbahayanya Nato menyebut misil ini dengan nama SS-18 ‘Satan’.

Senjata ini memiliki daya ledak sebesar 750 kiloton bom TNT. Kecepatanya ditaksir sekitar 8 km per detik dan mampu menjangkau area seluas 11.000 km.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *