Ad Clicks : Ad Views :

Mendaki Gunung Gede Pangrango

61 Views

Bismillahirrahmanirrahiim..

Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkupTaman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. (id.wikipedia.org)

Pertengahan tahun 2013 saya dan team BILQIS Center berencana untuk naik gunung. Tepatnya gunung Gede Pangrango, Bogor. Hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan kita belom juga jadi untuk naik gunung. Karena mungkin sebagian masih pada sibuk dengan urusan masing-masing. Baru deal buat naik gunung Gede yaitu, tepatnya awal bulan desember 2013.

Malam sebelum berangkat menuju bogor, segala persiapan untuk naik gunung sudah dipersiapkan. Dari mulai tenda, peralatan masak, makanan-makanan siap saji dll. Agar besok pagi setelah subuh bisa langsung berangkat, mengingat jika kesiangan dikit, jakarta pasti macet dan tentu berdampak makin kesiangan sampai bogor.

Setelah sampai di pos Cibodas. Semua barang perlengkapan di turunkan di pos Cibodas tersebut. Barang-barang yang hendak di bawa untuk naik gunung, ditata rapi didalam carrier. Barang-barang yang ringan dimasukan dahulu kemudian disusul barang-barang yang berat. Tujuanya agar tidak terlalu berat ketika dibawa. Mengingat medan perjalanan menanjak.

basecamp jalur cibodas

Semua perlengkapan telah siap, mobil juga sudah di parkir di tempat penitipan. Setelah itu, mulailah pendakian menuju puncak gunung Gede. Beberapa ratus meter dari pos cibodas itu, kita akan sampai pada gerbang basecamp gunung Gede. Nah, di basecamp ini kita harus mengurus perijinan dan data-data dari peseta yang naik gunung. Biasanya petugas basecamp juga memeriksa barang bawaan kita. Barang-barang yang gak boleh dibawa misal : senjata tajam, sabun, odol, shampo dll.

basecamp registrasi pendakian

Setelah urusan di basecamp kelar. Lanjutin perjalananya. Jangan lupa jas hujan di taruh di tempat yang gampang diambil, buat jaga-jaga kalau ada hujan dadakan, biar gak repot ngambilnya. Awal pendakian kita akan melewati jalan berbatu. Kurang lebih 30 menit perjalanan kita akan sampai pada Telaga Biru. Disebut telaga biru karena warna airnya memang biru. Setelah Telaga Biru kita akan melewati Rawa Panyangcangan. Di Rawa ini kita bisa melihat tingginya gunung Pangrango dari bawah.

1476492_460169987436540_1771518930_n

Setelah melewati Rawa Panyangcangan kita akan bertemu Persimpangan 2 arah. Arah kiri untuk naik ke gunung Gede, kalo jalan lurus kita nanti dsana akan bertemu air terjun Cibereum.

Nah, setelah kita ambil jalur kiri ke arah gunung Gede. Mulai terasa medanya, lumayan, bikin dengkul senut-senut, karena nanjak dan jalanya bebatuan. Setelah beberapa jam jalan kaki. Kita akan bertemu dengan Pondok Pemandangan.

Istirahat sejenak di Pondok Pemandangan. Lanjut perjalanan lagi. Kira-kira 2 jam kita akan sampai di destinasi berikutnya yaitu sumber air panas. Di sini perlu ekstra hati-hati karena medanya terjal  sangat berbahaya. Bebatuan yang licin dan batunya juga panas kalo di pegan. Suhunya airnya bisa sampai 70 derajat Celcius. kalo bawa telor lumayan bisa di masak disini, cukup direndem aja.hee.

Sumber air panas

Setelah menikmati sumber air panas. Destinasi berikutnya adalah kandang batu. Kita bisa istirahat sejenak di situ. Kemudian dilanjutkan ke pos Kandang Badak. Nah, disini, kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam dan masak-memasak. Karena di pos ini sangat melimpah mata airnya, jadi kita nggak susah-susah nyari air. Sampai di pos ini biasanya sudah sore, jadi kita istirahat dan bermalam di pos ini kemudian dilanjutkan naik ke puncak keesokan harinya.

Pos Kandang Badak

Kira-kira pukul lima pagi kita melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Gede. Barang berharga harap jangan di tinggal di dalam tenda. Perjalanan menuju puncak kira-kira 2 jam. Diperjalanan kita akan bertemu persimpangan 2 arah. Arah satu adalah jalur alternatif (jalur ini memutar, jadi lebih jauh) dan arah satunya lagi jalur yang lumayan ekstreme. Namanya Tanjakan Setan, karena kemiringanya hampir 90 derajat. Kalau ingin melewati jalur dua-duanya, bisa berangkat lewat jalur alternatif dan pulang lewat tanjakan setan.

Tanjakan Setan

Setelah melewati tanjakan setan kita masih harus mendaki lagi hingga sampai ke puncak Gunung Gede. Di jalur ini stamina benar-benar diuji karena lumayan curam tanjakanya.

1451475_460208594099346_567110325_n

Sampailah puncak Gunung Gede. Kita bisa berfoto-foto ria dan menikmati pemandangan Kawah.

1454754_460309307422608_1061614965_n

Setelah puas menikmati puncak gunung Gede. Kita turun lagi ke Kandang Badak. Istirahat sejenak, sarapan, lalu siap-siap buat turun gunung. Jangan lupa sisa-sisa sampah juga di bawa turun, agar kelak, anak cucu kita juga bisa menikmati keindahan gunung Gede Pangrango.