Ad Clicks : Ad Views :
img

7 Manfaat Kulit Buah Manggis dan Cara Membuatnya

/
/
/
112 Views

Manfaat Kulit Buah Manggis – Selain dari buahnya yang nikmat, buah manggis ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak bagi tubuh terutama pada bagian kulitnya. Buah ini mempunyai antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi. Buah manggis juga memiliki kandungan antioksidan tertinggi diantara buah-buah yang lain.

Kandungan aktif utama yang terkandung dalam buah manggis adalah xanthones, yaitu jenis senyawa polifenol yang memiliki banyak khasiat seperti alergi.

Selain dari kulit manggis yang berkhasiat, daging buahnya juga dapat mengobati diare, keputihan, radang amandel, keputihan, sakit gigi, wasir dan lain sebagainya.

Orang-orang Filipina menggunakan ekstrak kulit manggis untuk mengatasi seperti diare, sariawan, nyeri perut dan desentri.

Sedangkan di Malaysia, seduhan daun manggis dicampur dengan pisang muda dan ditambahkan sedikit kapur barus, digunakan untuk mengobati luka sunat, sedangkan bagian akarnya digunakan untuk mengatasi haid yang kurang teratur.

# Manfaat Kulit Buah Manggis

Berbagai khasiat kulit manggis telah dibuktikan oleh para ahlinya sebagai solusi untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta manfaat yang baik bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat buah manggis:

khasiat-kulit-buah-manggis
www.jingajuice.com.au

1. Mampu Mengobati Sariawan

Kandungan vitamin C yang cukup banyak dapat mengatasi masalah sariawan. Cara membuat ramuan kulit buah manggis untuk obat sariawan adalah.

Pertama siapkan kulit manggis yang telah dicuci bersih lalu potong beberapa bagian. Kemudian, rebus kulit manggis menggunakan 3 gelas air sampai air berkurang hingga 50%. Kemudian tunggu hingga dingain, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur.

2. Mengatasi Masalah Diare

Masyarakat Filipina biasa menggunakan cara seperti ini. Yaitu dengan cara merebus daun dan juga kulit manggis. Air hasil rebusan tersbut kemudian diminum. Selain bisa menyembuhkan diare, cara ini juga menurunkan demam.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan xanthone di dalam kulit manggis dapat menghambat bahkan mampu menghancurkan sel-sel kanker. Cara menggunakanya cukup mudah, yaitu kerok bagian kulit manggis kemudian haluskan menggunakan blender.

Kemudian tambahkan air matang satu gelas, masukan gula aren dan juga madu. Jus kulit manggis pun siap diminum.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti kalium dan magnesium. Kalium merupakan sebuah komponen penting dari cairan tubuh yang mampu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Cara membuatnya cukup membuat jus dari kulit buah manggis.

5. Meremajakan Kulit

Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan  yang mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit lebih cepat. Cara membuat ramuan ini sama seperti membuat ramuan untuk mencegah pentakit jantung.

Untuk mendapatkan khasiatnya yaitu cukup membuat jus seperti yang diatas.

6. Dapat Mengontrol Kolesterol

Jus kulit manggis mampu mengontrol kolesterol di dalam tubuh agr tetap stabil. Selain dengan cara diblender kamu juga bisa membuatnya dengan cara diremas-remas atau ditumbuk bagian dalam kulit manggis  dan mencampurnya dengan pemanis alami sesuai selera.

7. Mampu Menangkal Radikal Bebas

Khasiat kulit buah manggis yang lainya adalah untuk membantu menangkal radikal bebas.Karena didalam kulit buah manggis juga sebagai zat antioksidan yang bisa membantu dalam menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan juga sebagai pencegah penuan dini. Dan masih banyak khasiat kulit buah manggis lainya.

Baca Juga Artikel:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *