Ad Clicks : Ad Views :
img

13 Manfaat Hutan yang Sangat Mempengaruhi Kehidupan Manusia

/
/
/
247 Views

Manfaat Hutan – Hutan merupakan kawasan yang ditumbuhi berbagai pohon yang sangat lebat dan berbagai jenis tanaman. Manfaat hutan bagi manusia bisa dianggap sebagai kebutuhan pokok yang tidak terhitung harganya.

Hutan tidak hanya bermanfaat bagi manusia, hewan, spesies tumbuhan atau golongan etnik tertentu. Coba kita bayangkan bagaimana jika di dunia ini tidak ada hutan. Dipastikan bahwa dunia ini akan terasa sangat panas.

Persediaan air tawar juga akan cepat habis karena tidak ada hutan atau tempat yang berfungsi sebagai resapan. Banjir akan datangt ketika musim penghujan datang, karena setiap tetes air hujan akan langsung menuju tempat yang lebih rendah.

Selain itu anda juga akan merasa kurang nyaman atau cepat stress karena tidak adanya pohon atau dedaunan hijau yang bisa menentramkan fikiran dan yang pasti akan terjadi adalah tingkat polusi semakin meningkat.

Salah satu fungsi hutan adalah sebagai paru-paru kota, yang bisa menyerap polusi, sehingga penyakit akan mudah menyebar jika tidak ada hutan. Terutama penyakit yang berhubungan dengan system pernafasan.

Tanpa adanya hutan produksi udara segar atau oksigen akan sangat berkurang, sehingga untuk bisa mendapatkan udara yang sehat akan terasa sangat susah untuk didapatkan.

Baca Juga: Pengertian Hutan Lindung dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

# Manfaat Hutan yang Mempengaruhi Kehidupan Kita

Manfaat Hutan
www.duslerforum.org

1. Menjadi Habitat Alami Berbagai Jenis Hewan

Hutan merupakan habitat asli bagi hewan, hampir seluruh spesies hewan dan tumbuhan di dunia tinggal di hutan. Selain itu dengan kekayaan alami yang dimilikinya, maka semakin lengkaplah fungsi hutan khususnya di daerah yang tropis sebagai pemilik alam natural yang terkaya di dunia.

Berbagai macam serangga dan cacing tanah memiliki fungsi dalam peran membantu siklus nutrisi tanah. Namun, ada hal yang sangat disayangkan kepunahan beberapa jenis hewan yang termasuk spesies langka.

Keberadaanya di bumi hampir punah, missal hewan yang hampir punah tersebut adalah gorilla, orang utan, harimau benggala, panda dan spesies lainya.

2. Mencukupi Kebutuhan Manusia

Hutan memiliki berbagai kekayaan yang bisa dimanfaatkan manusia. Aneka bahan baku dari hutan yang bisa dimanfaatkan sebagai penunjang kehidupan manusia. Dari yang berhubungan dengan pohon atau kayu seperti kertas, mebel, kerajinan tangan dari rotan, kerajinan akar kayu dan lainya.

Adapun kebutuhan lain yang tidak langusung berhubungan dengan pohon atau kayu seperti madu lebah dari hutan, makanan, buah-buahan, obat herbal, tanaman yang berhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan lain-lain.

3. Hutan Sebagai Sumber Kehidupan

hutan adalah kehidupan
libregraphics.asia

Di dunia ini banyak manusia yang memilih untuk hidup aktif di hutan. Hutan sebagai sumber penghidupan bagi mereka yang menjadikan hutan sebagai lahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka.

Hal inilah yang menjadi salah satu peran hutan yang sangat penting bagi manusia. Beberapa olahan manusia yang bahan bakunya berasal dari hutan ialah jenis kayu yang bisa diolah menjadi berbagai model furniture.

Hutan juga sebagai sumber dari kayu pinus yang bisa dimanfaatkan manusia untuk diolah menjadi batang korek api. Berbagai flora dan fauna yang hidup di hutan sebagai habitat asli mereka yang sangat berperan dalam kelangsungan hidup manusia.

Lebih dari 11 juta orang yang berkerja dalam pengelolaan dan konveksi hutan di seluruh dunia ini.

4. Hutan Sebagai Penyerap dan Penyimpan Karbon

Pohon mampu menyerap GO2 (karbondioksida) kemudian mengubahnya menjadi kayu. Karbon yang terserap ini akan tetap terikat selama ratusan tahun atau bahkan hingga ribuan tahun. Hal inilah menjadi salah satu bagian terpenting fungsi hutan dari system iklim di bumi.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa pohon yang tumbuh subur akan menjadi penyerap yang cukup kuat dari permukaan atmosfer bumi serta kemudian menyimpanya di dalam akar, daun dan tanah hutan itu sendiri.

5. Sumber Oksigen

Sumber oksigen yang berasal dari pohon atau tumbuhan darat lainya memberikan kontribusi sebanyak 30% pasokan oksigen di seluruh dunia.

Hal ini tentunya cukup besar peranan hutan, sehingga ketika hutan tidak ada, maka akan berdampak pada keseimbangan udara dan berimbas kepada mahluk hidup yang hidup di dunia ini.

Oksigen merupakan suatu unsur yang dihasilkan dari tumbuhan melalui fotosintesis, dimana tumbuhan tersebut menghasilkan makanan dari bantuan air atau unsure hara dan karbondioksida bersama cahaya matahari.

Hasil dari reaksi kimiawi yang terjadi pada daun tersebut menghasilkan zat tepung atau amilum yang mana akan tersimpan sebagai cadangan makanan tumbuhan dan oksigen yang akan dikeluarkan ke udara.

Setiap jenis pohon dan tumbuhan memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menghasilkan oksigen. Pohon yang memiliki daun yang rimbun dan mengkilap akan lebih banyak menghasilkan oksigen.

6. Hutan Sebagai pencegah Banjir

Dengan adanya akar, kemampuan tanah untuk menyerap air akan meningkat dan bisa bertahan cukup lama di dalamnya. Oleh karena itu, ketika turun hujan deras, jumlah aliran pada permukaan akan semakin sedikit, sehingga potensi terjadinya banjir akan kecil.

Pada hakikatnya, yang mengakibatkan terjadinya banjir bandang yaitu ketika tanah tidak bisa berperan dengan baik dalam menjalankan fungsinya, yaitu sebagai penahan dan penyerap air, sehingga tanah menjadi jenuh dan tidak bisa menyerap air dengan baik.

Apabila curah hujan meningkat seluruh air akan mengalir di atas permukaan tanah dalam jumlah yang cukup besar dan bisa merusak apa saja yang dilewatinya.

7. Mencegah Terjadinya Erosi dan Tanah Longsor

Hutan berfungsi sebagai pencegah terjadinya longsor ataupun erosi, akar pohon yang masuk kedalam tanah mampu menahan tanah agar tidak mudah terjadi longsor. Terlebih jika berada di daerah-daerah dataran tinggi, fungsi hutan sangat dibutuhkan sebagai pencegah longsor.

Akar yang ada pada pohon bisa masuk sangat dalam ke dalam lapisan tanah, dan jika akar pohon atau tumbuhan berjumlah banyak, maka akar-akar tersebut akan membuat semacam penahan struktur tanah, sehingga tidak akan mudah terjadi erosi ataupun longsor.

8. Sumber Air Tawar

Hutan melalui berbagai jenis pohon mampu menjadi sumber cadangan yang bisa melakukan peresapan air yang sangat besar. Tidak heran jika cadangan air tersebut sangat besar di dalam hutan.

9. Hutan Sebagai Tempat Penelitian dan Riset

hutan sumber riset
mycoweb.narod.ru

Di dalam hutan terdapat berbagai spesies hewan atau tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai bahan riset dan penelitian. Terutama jika hutan tersebut belum pernah terjamah oleh manusia. Tidak menutup kemungkinan di dalamnya masih terdapat spesies baru yang belum terdokumentasi.

Telah banyak penemuan-penemuan ilmiah yang telah lahir dari riset yang dilakukan di dalam hutan semisal perilaku hewan atau aneka tumbuhan yang berkasiat bagi kesehatan dan lainya.

Misalnya, kawasan hutan gambut yang berada di pulau Kalimantan telah dijadikan sebagai labolatorium penelitian oleh pemerintah . Di dalam labolatorium tersebut mempelajari ekosistem biota lahan basah dan berbagai keanekaragaman hayati.

Selain berfungsi sebagai kawasan hutan yang melakukan riset, pengetahuan masyarakat juga akan bertambah oleh penelitian yang dilakukan di labolatorium tersebut.

10. Hutan Sebagai Pengatur Iklim

Salah satu kegunaan hutan yaitu mampu memproduksi oksigen dengan udara bersih. Maka dari itu keberadaan hutan di suatu tempat bisa mempengaruhi suatu iklim.

Misalnya terdapat perbedaan suhu yang cukup besar antara desa yang berada di kawasan pelosok atau daerah yang memiliki banyak pepohonan dibandingkan dengan daerah perkotaan yang sangat minim pepohonan.

Hal ini disebabkan karena tingkat ketersediaan oksigen, semakin banyak oksigen maka kualitas udaranya akan semakin bagus dan terasa sejuk. Sebaliknya, jika semakin tinggi kadar karbondioksida maka akan semakin panas suhunya.

Contoh lain yaitu semakin tinggi aktivitas manusia yang melepaskan gas emisi karbon ke udara, maka akan menumpuk di atmosfer. Hal ini berdampak pada panas matahari yang akan terperangkap dan suhu akan meningkat atau sering dikenal dengan istilah efek rumah kaca.

Berdasarkan fakta yang terjadi, suhu bumi setiap tahun mengalami peningkatan, dalam beberapa dasawarsa terakhir. Kondisi bumi saat ini sangat jauh berbeda terhadap kondisi sebelum terjadinya revolusi industry pada abad ke-18 lalu.

11. Sarana Mengasah Fisik

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam hutan seperti hiking yang sering dilakukan oleh para pecinta alam, balap sepeda atau bisa juga dijadikan tempat yang cocok untuk menguji adrenalin dengan mengendarai mobil offroad 4 WD.

12. Hutan Sebagai Tempat Wisata

Di jaman modern seperti saat ini, hutan tidaklah semenakutkan seperti jaman dahulu, bahkan hutan tersebut bisa dijadikan sebagai objek wisata yang banyak menarik pengunjung.

Biasanya hutan yang berada dekat dengan kota dijadikan sebagai wahana rekreasi dan edukasi yang mampu menghasilkan nilai ekonomi cukup tinggi. Pengelolaan hutan wisata harus diperhatikan dengan benar agar kelestarianya tetap terjaga meskipun banyak orang yang mengunjunginya.

13. Hutan Merupakan Keindahan Alam

Pohon dan hutan memiliki peranan penting bagi sebagian orang untuk meperoleh inspirasi dan sumber kenikmatan, meskipun dilihat dari jarak yang jauh.

Pohon merupakan symbol kehidupan, di jaman modern seperti sekarang ini, semua manusia bergantung pada pohon sebagai penopang lingkungannya.

Sebuah riset dilakukan oleh The Nature Conservancy hasilnya adalah lebih dari 90% orang Amerika melaporkan, pohon bisa memberi mereka perasaan damai dan ketenangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *