Ad Clicks : Ad Views :
img

Fakta Tentang Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Tubuh

/
/
/
91 Views

Cordyceps adalah tanaman sejenis jamur yang tumbuh di daerah pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada mulanya, tanaman herbal ini diyakini mempunyai kandungan nutrisi yang efektif dalam menambah stamina jika dikonsumsi.

Pada saat ini, cordyceps juga diyakini dapat meringankan gangguan pada pernafasan dan beberapa penyakit lainya.

Cordycreps sinesis dikenal sebagai tanaman berkhasiat yang banyak digunakan di Tibet semenjak 15 abad yang lalu. Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang menempel sebagai parasit pada ulat dan berasal dari daratan tinggi daerah Sikkim Utara, India.

Tanaman herbal ini mulai untuk diteliti lebih mendalam dan ternyata dapat memberi manfaat pada hewan ternak. Kemudian cordyceps dipakai sebagai obat herbal alami yang dikonsumsi secara terpisah atau bisa juga dipadukan dengan tanaman herba lain untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Melalui penelitian labolatorium, bahan ini kemudian dikembangkan menjadi obat herbal yang berbentuk suplemen.

Cordyceps terkandung banyak nutrisi di dalamnya seperti asam amino esensial, protein, peptide, asam lemak, vitamin B1, B2, B12, E dan K dan kandungan zat lainya. Cordyceps dipercaya juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.

Jamur ini juga berkhasiat mampu memerangi sel kanker dan memperkecil ukuran tumor, terlebih kanker kulit dan kanker paru-paru.

Manfaat Cordycreps

Manfaat Cordyceps
www.vtibet.com

Masyarakat luas mengenal cordycreps sebagai suplemen yang dapat meningkatkan kondisi tubuh dandapat meringankan penyakit yang menyerang. Berikut manfaat dari cordycreps:

1. Mampu Melindungi Jantung

Di Tiongkok, penelitian tentang tumbuhan ini bahwa jamur ini memiliki kegunaan untuk aritmia atau gangguan pada ritme jantung. Beberapa riset juga menyatakan bahan dari tumbuhan ini bisa meningkatkan fungsi jantung.

2. Mampu Meredakan Pada Gangguan Pernafasan

Berbagai zat yang terkandung di dalamnya antara lain yaitu adenosine dan cordycepin yang mampu menstimulasi efek prnyebaran ion pada bagian saluran pernafasan.

Hal ini ditemukan oleh para ilmuan di labolatorium. Selain itu cordyceps juga menunjukan meningkatnya kapasitas penggunaan oksigen terhadap hewan.

Bagi orang dewasa, mengkonsumsi tanaman ini bisa meredakan gejala asma, apabila dikonsumsi dengan murni dan teratur. Namun, jika dikonsumsi oleh anak-anak maka tidak akan menimbulkan efek apapun terhadap gejala asma, meskipun telah dicampur dengan ramuan herbal lain.

3. Membantu dalam Meredakan Peradangan

Sbuah penelitian pada tingkat sel yang pernah dilakukan di labolatorium menemukan bahwa cordycreps mempunyai potensi dalam mengurangi peradangan. Terhadap hewan, cordycreps ditemukan mampu mengurangi tingkat keparahan penyakit lupus, menekan efek toksin bakteri streptokokus dan meningkatkan kelangsungan hidup pada kondisi cangkok jantung jantung.

4. Memperlambat Pertumbuhan Tumor

Beberapa penelitian terhadap hewan membuktikan bahwa tanaman cordycreps mampu merangsang system kekebalan tubuh untuk melawan tumor pada beberapa jenis penyakit kanker.

Selain itu, ada beberapa golongan tertentu yang perlu untuk berhati-hati sebelum mengkonsumsi obat herbal ini:

  • Pengidap penyakit auto-imune, semisal multiple sclerosis, rheumatoid arthritis, lupus. Pada jenis-jenis penyakit tersebut, cordycreps bisa meningkatkan keparahan dalam gejala tersebut.
  • Wanita hamil dan sedang dalam masa menyusui, karena belum ada penelitian khusus tentang keamanan dan dosis yang diperlukan dalam mengkonsumsinya pada kelompokan ini.
  • Pada pengidap gangguan pendarahan dan pasien yang hendak melakukan operasi, cordycreps bisa meningkatkan resiko pendarahan.

Apabila anda memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen cordyceps ini, dianjurkan untuk periksa kandungan anda jika anda sedang dalam masa kehamilan.

Karena cordyceps ini belum diproduksi dengan cara masal dan kemungkinan terdapat suplemen sejenis yang menggunakan jamur cordyceps jenis lain yang belum diteliti kegunaanya. Jadi sebaiknya temui dokter untuk memperoleh masukan atau informasi tentang suplemen ini.

1 Comments

  1. Aduduuu…jauh amat sih, kudu naik gunung tertinggi segala buat dapetin tanaman obat ini. Gimana donk kalo emang pengen banget nyoba, apa ada di Indonesia, maksudnya di jual di toko herbal gitu? #cariajasendiribun!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *