Ad Clicks : Ad Views :
img

Selain Rasanya yang Nikmat, Buah Manggis Memiliki Khasiat yang Luar Biasa

/
/
/
92 Views

Manfaat Buah Manggis – Buah yang memiliki tekstur lembut dan berwarna putih agak keunguan ini sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sehingga banyak orang yang suka mengkonsumsinya. Buah manggis mempunyai nama Latin Garcini Mangostana, pohonya hidup di daerah tropis. Pohon manggis bisa tumbuh hingga 25 meter.

Tidak disangka-sangka ternyata buah manggis memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi dengan teratur. Setelah ditemukanya manfaat dari buah ini, maka semakinj banyak orang yang memanfaatkanya untuk obat dari berbagai macam penyakit.

# Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Manggis
www.manfaatonline.com

Selain dari rasanya yang nikmat, di dalam buah manggis mengandung zat-zat yang sangat bagus bagi tubuh.  Berikut beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh kita.

1. Manfaat Buah Manggis Untuk Meredakan Rasa Sakit

Jika buah manggis dikonsumsi setiap hari maka dapat membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa ahli dengan beberapa responden, bahwa buah manggis dapat meredakan nyeri.

2. Mampu Menangkal Radikal Bebas dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Catechins yang terkandung pada buah manggis ternyata mampu mengalahkan fungsi dari vitamin C serta vitamin E yang ada di dalam tubuh kita. Padahal sebagaimana yang telah kita ketahui, vitamin C dan vitamin E adalah zat yang mampu menangkal radikal bebas.

Oleh karena itu, sebaiknya usahakan mengkonsumsi buah menggis ini setiap hari secara rutin agar terhindar dari radikal bebas dan berbagai penyakit lainya. Selain itu anda juga akan memperoleh cadangan antioksidan alami yang melimpah dari buah manggis.

3. Mampu Mencegah batu Ginjal

Seseorang yang telah mengkonsumsi buah manggis dengan sering, maka ia akan sering mengalami buang air kecil, hal inilah yang mampu menghindarkan seseorang tersebut dari penyakit batu ginjal. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, biasakan mengkonsumsi buah buah manggis secara teratur minimal 3 ons setiap hari.

4. Buah Manggis Berkhasiat Mencegak Kanker

Senyawa xamthone atau biasa disebut senyawa anti kanker yang terkandung di dalam buah manggis, bermanfaat baik untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar dan juga kanker hati.

Hasil dari penelitian yang utama terkait masalah penyakit mematikan kanker ini adalah mampu mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya senyawa garcinone E.

Namun perlu diingat bagi anda para penderita kanker, harap untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi buah manggis ini, karena terdapat penelitian yang mengatakan bahwa manfaatnya belum teruji betul terhadap masalah penyakit kanker.

Bukti akademis pengobatan kanker atau pencegahanya memang belumlah ada, di dalam Journal of Society for Integrative Oncology, para ilmuan memperingatkan bahwa pasien kanker harus berhati-hati dalam menggunakan produk ekstrak buah manggis ini, karena berpotensi bisa menaikan kadar gula dalam darah.

Namun kandungan zat xanthone di dalam buah ini memang sangat dipercaya mampu untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit kanker. Alangkah baiknya anda berkonsultasi kepada dokter terkait masalah ini.

5. Buah Manggis Berfungsi Untuk Menurunkan Berat Badan

Kandungan zat xanthone selain bermanfaat sebagai pencegah diabetes dan penyakit jantung, zat ini juga bisa bermanfaat untuk melunakan kembali sel-sel membrane yang telah membesar dan mengeras dengan besarnya tubuh.

6. Mampu Mencegah Infeksi

Senyawa yang ada di dalam buah manggis dipercaya dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang mengakibatkan berbagai jenis infeksi pada luka.

Hal ini telah diungkapkan oleh para ahli penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 dari “Chemical and Pharmaceutical Bulletin“, pada penelitian ini para ahli telah menguji xanthones dari buah manggis dan membuktikan bahwa zat ini mampu menghentikan pertumbuhan bakteri tuberculosis yang mengakibatkan infeksi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *