Ad Clicks : Ad Views :
img

Penjelasan Lengkap Luas Lapangan Sepak Bola Standar FIFA

/
/
/
259 Views

Ukuran Lapangan Sepak Bola – Permainan sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling popular di seluruh duia, semua kalangan bisa memainkan olahraga yang satu ini, dari mulai anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan ada juga tim sepak bola yang beranggotakan perempuan.

Dalam memainkan olahraga ini, semua orang bisa melakukanya akrena olahraga ini tidak memerlukan peralatan yang banyak, cukup dengan lapangan, dua buah mistar gawang dan satu bola.

Jumlah pemain yang memainkan olahraga ini adalah 22 orang yang dibagi menjadi dua tim yang saling berlawanan. Masing-masing tim beranggotakan 11 orang dan satu orang sebagai penjaga gawang atau kipper.

Sebagai cabang olahraga yang paling terkenal di dunia, permainan sepak bola ini diawasi oleh sebuah lembaga yang mengawasi setiap pertandingan resmi olahraga sepak bola di seluruh dunia yaitu FIFA.

FIFA mengeluarkan peraturan-peraturan mengenai luas lapangan sepak bola yang sesuai standar internasional. Berikut beberapa peraturan yang telah dikeluarkan oleh FIFA termasuk luas lapangan sepak bola.

A. Luas Lapangan Sepak Bola

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa ukuran lapangan sepak bola diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Termasuk semua peraturan-peraturan tentang sepak bola juga diatur oleh FIFA.

Namun, untuk Indonesia, semua kegiatan sepak bola dipantau langsung oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), yang berada di bawah pengawasan FIFA. Dalam menyelenggarakan kompetisi formal tingkat nasional.

1. Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola Nasional

Luas Lapangan Sepak Bola
nn.wikipedia.org

Panjang Lapangan Sepak Bola

  • Pada panjang garis yang terdapat di tengah lapangan sepak bola mempunyai ukuran minimal 90 meter.
  • Panjang garis yang terdapat di tengah lapangan sepak bola mempunyai ukuran maksimal 120 meter.

Lebar Lapangan Sepak Bola

  • Lebar garis yang ada di tengah lapangan sepak bola mempunyai ukuran minimal 45 meter.
  • Lebar garis yang ada di tengah lapangan sepak bola mempunyai ukuran maksimal 90 meter.

2. Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola
fifa.com

Panjang Lapangan Sepak Bola Internasional

  • Lapangan sepak bola internasional memiliki panjang minimal 100 meter.
  • Lapangan sepak bola internasional memiliki panjang maksimal 110 meter.

Lebar Lapangan Sepak Bola Internasional

  • Lapangan sepak bola internasional memiliki lebar minimal 64 meter.
  • Lebar Lapangan sepak bola internasional memiliki lebar maksimal 75 meter.

Semua garis yang ada di lapangan sepak bola harus mempunyai lebar yang sama dan tidak boleh melebihi 12 cm (5 inchi).

B. Permukaan Lapangan Sepak Bola

Lapangan Sepak Bola
www.satujam.com

Pada lapangan sepak bola permukaan yang digunakan harus datar atau rata tidak boleh bergelombang. Sesuai dengan aturan kompetisi yang telah ditetapkan oleh FIFA, dalam pertandingan profesional untuk lapangan sepak bola boleh memakai permukaan alami yang berasal dari rumput asli atau permukaan buatan biasanya menggunakan rumput sintetis.

Jika menggunakan permukaan buatan, warna yang digunakan pada lapangan sepak bola harus berwarna hijau.

C. Ukuran Garis Lingkaran Tengah Lapangan Sepak Bola

Pada bagian tengah lapangan terdapat sebuah garis lingkaran yang cukup besar. Garis lingkaran tersebut berfungsi untuk melakukan kick off atau untuk memulai sebuah pertandingan dan merupakan batas antara pemain lawan sebelum memulai untuk merebut bola.

Ukuran garis lingkaran tengah lapangan ini mempunyai diameter sebesar 9,15 meter.

D. Area Pinalty

Area Pinalti Sepak Bola
www.youtube.com

Area penalty merupakan seuatu area dimana penjaga gawang atau kipper dari masing-masing boleh memegang atau menangkap bola menggunakan ke dua tanganya. Namun sebaliknya, jika pemain selain kipper melakukan pelanggaran atau menyentuh bola di area pinalti maka akan diganjar dengan hukuman tendangan penalty.

Di dalam area penalty lapangan sepak bola ada dua garis kotak yaitu kotak penalty besar dengan ukuran 40-45 meter dan ukuran lebar 16-19 meter, sedangkan kotak penalty yang kecil mempunyai ukuran panjang 18 meter dan lebar 5,5 meter.

Di dalam area penalty terdapat sebuat titik putih yang digunakan untuk menendang bola ketika pelanggaran terjadi di area tersebut. Jarak titik putih sampai ke garis gawang adalah 11 meter. Terdapat lingkaran yang diukur dari titik penalty dengan jari-jari 9,15 meter yang berada di luar garis penalty.

E. Ukuran Gawang Sepak Bola

Gawang Sepak Bola
pinterest.com

Misatar gawang dalam sepak bola berbentuk persegi panjang yang terbuat dari bahan logam atau besi. Kemudian terdapat juga jaring-jaring yang berfungsi untuk menahan bola yang masuk ke dalam gawang.

Dalam peraturan sepak bola, terdapat standar yang harus dipatuhi dalam membuat ukuran mistar gawang dan ketahanan gawang tersebut.

Gawang mempunyai tinggi 2,44 meter sedangkan panjang gawang adalah 7,32 meter. Perlu digaris bawahi juga bahwa ukuran panjang dan tinggi gawang dihitung dari sisi dalam tiang mistar gawang. Adapun jarring-jaring gawang mempunyai ukuran lubang sebesar 10 centimeter.

Tiang gawang harus mempunyai kekuatan yang tidak bisa digeser atau diubah-ubah letaknya. Biasanya mistar gawang terbuat dari besi atau bahan sama kuat lainya yang penting aman dan diberi warna putih.

F. Ukuran Bola Sepak Standar Internasional

Diameter Bola Sepak
www.visionunion.com

Ukuran bola yang digunakan dalam sepak bola harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh FIFA. Hal ini tentunya sangat penting bagi pemain untuk bisa membuat tendangan yang akurat dan ketika melakukan dribbling.

Terdapat perbedaan diameter bola antara bola yang digunakan untuk permainan sepak bola dan futsal. Untuk sepak bola diameternya adalah 68,5 sampai 69,5. Sedangkan untuk bola futsal diameternya adalah 68.0 hingga 70.0 cm.

Bentuk bola yang bulat sempurna sangat diperlukan agar bola bisa menggelinding dengan normal, sehingga akan mempermudah para pemain dalam menggiring bola. Selain itu ketika di udara putaranya akan stabil. Maksimal kebulatan adalah 1,5 %.

G. Bendera Sudut Lapangan Sepak Bola

Bendera Sudut Sepak Bola
partnerinvain.wordpress.com

Fungsi bendera sudut baru tersa ketika awal mula sepakbola diciptakan. Karena fungsinya ialah sebagai tanda pojok lapangan. Pada era itu belum ada garis putih dipinggir lapangan seperti sekarang ini. Jadi untuk mengetahui bagian pojok lapangan, digunakanlah tiang tersebut.

Karena pada zaman sekarang sudah memakai garis putih sebagai tanda batas lapangan, jadi tiang tersebut hanya sebagai hiasan dan terkadang jadi korban selebrasi. hee.

Spesifikasi Bendera Sudut Sepakbola.

– Bendera terbuat dari bahan parasit dengan ukuran 32 cm x 45 cm.

– Ketinggian tiang 160 cm dari landasan/tanah.

– Pipa terbuat dari bahan fiberglass diameter 25,4 mm.

– Pada bagian ujung tiang terdapat besi lancip berfungsi untuk menamcapkan bendera ke tanah dan bagian atasnya terdapat mekanisme per (spring).

 

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *