Ad Clicks : Ad Views :
img

23+ Foto Lucu Kucing Anggora & Cara Perawatan yang Tepat

/
/
/
127 Views

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing yang cukup langka. Ras Anggora berasal dari anggora ( saat ini Ankara) di Turki. Kucing satu ini sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Postur tubuh kucing anggora adalah sedang dengan bulu yang lebat dan panjang. Badanya langsing dan ramping. Harga kucing satu ini cukup mahal, yaitu kisaran 4-15 juta rupiah. Sedangkan, anggora hasil perkawinan dengan kucing lain harganya lebih murah yaitu antara 200 ribu hingga 2,8 juta rupiah per ekor.

Sejarah Singkat Kucing Anggora

Gambar kucing anggora putih
Pets4Homes.com

Anggora merupakan kucing alami yang sangatlah tua, dan kemungkinan menjadi jenis kucing yang paling tua di dunia. Kucing yang berasal dari Turki ini sering dikait-kaitkan dengan beberapa mitos dan legenda di sana.

Banyak orang yang salah mengenai kucing anggora ini. sekitar pada tahun 250 tahun yang lalu, setiap kucing yang memiliki bulu panjang di daerah Persia, maka itu akan disebut sebagi kucing anggora, padahal itu adalah ras kucing Persia asli.

Pada masa tersebut sangat banyak kucing yang berbulu panjang di sekitar kota anggora dan sekitar daerah Persia (sekarang menjadi iran). Pada saat itu, tidak ada sama sekali perbedaan antara kucing yang memiliki bulu panjang yang hidup di daerah anggora dengan yang di Persia.

Anggora merupakan ras kucing yang belum diketahui dari mana asal terbentuknya. Akan tetapi, ada beberapa teori mengatakan bahwa kucing anggora ini berasal dari kucing liar yang ada di daerah asia, yaitu kucing Pallas. Namun, teori tersebut sampai saat ini belum bisa dibuktikan.

Anggora juga dipercaya berasal dari kucing liar daerah afrika, dan kemungkinan beberapa persilangan terjadi antara kucing pallas dengan kucing liar afrika sehingga menghasilkan kucing anggora ini.

Kucing Anggora Masuk ke Eropa

kucing anggora lucu

Kucing anggora ini sebenarnya telah populer sejak abad ke 16 pada saat Pietro Delle, seorang kebangsaan italia yang membawa ras kucing anggora ke sebuah istana yang terletak di Italia. Kucing anggora mulai semakin populer di masyarakat adalah ketika raja Louis XV memelihara seekor kucing anggora di kediamanya.

Ketika banyak pedagang Eropa yang melakukan perdagangan di daerah timur tengah, kucing-kucing yang berasal dari Negara turki dan Persia mulai banyak diimpor ke wilayah Eropa. Ras kucing berbulu semakin populer ketika diadakan kontes kucing yang diadakan di Inggris sekitar tahun 1870.

Sejak adanya kontes kucing tersebut, sifat-sifat genetic antara ras anggora dan ras Persia mulai berkembang dan menjadi lebih spesifik.

Pada abad ke 16, anggora pertama kali dijual kepada orang-orang kaya perancis dan inggris oleh sultan turki. Kucing anggora dipercaya sampai eropa pada awal tahun 1600 an. Pada tahun 1954, anggora juga pertama kali dijual ke Amerika Serikat dan pada tahun 1996 untuk pertama kalinya kucing anggora diimpor ke swedia dari belanda. Pada tahun ini pula untuk pertama kalinya lahir anak kucing anggora.

Penampilan Kucing Anggora

kucing anggora dan patung putih
Cat-Breeds-Encyclopedia.com

Anggora merupakan kucing yang berukuran sedang, dengan badan yang cukup panjang, ramping dan langsing serta elegan. Bentuk hidung kucing ini panjang dan memiliki bentuk kepala segitiga, serta telinga yang cukup panjang berbentuk segitiga. Kakinya panjang dan tinggi. Ekornya juga cukup panjang dan memiliki bulu yang tebal dan lembut.

Anggora yang banyak disukai adalah anggora yang memiliki warna putih. Kucing anggora putih mempunyai cirri khas pada matanya, yaitu warna matanya berbeda dengan sebelahnya. Mata yang satu berwarna hijau kekuningan dan satunya lagi berwarna biru. Biasanya mata seperti ini disebut dengan “mata aneh”.

Kepribadian dan Perilaku Kucing Anggora

gambar kucing anggora lucu
SrbijaDanas.com

Kucing ini merupakan jenis yang cukup aktif dalam berperilaku, senang dalam bermain, energik dan juga kucing penurut. Anggora ialah kucing yang senang masuk atau membaur dalam kegiatan manusia, selain itu kucing ini juga setia dan sangat senang ketika berinteraksi dengan manusia.

Anggora merupakan jenis kucing yang mempunyai rasa ingin tahu yang cukup tinggi, cerdas, mudah dilatih, cepat dalam beradaptasi dan ramah kepada manusia ataupun sesama hewan lain, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Kucing anggora akan merasa sedih atau kesepian jika ditinggal di dalam rumah sendirian atau dikuring di dalam kandang. Maka dari itu sangat disarankan untuk tidak memelihara kucing anggora yang masih berumur di bawah 6 bulan sendirian, karena akan menjadikan perkembanganya lebih lambat.

Anggora akan marah jika dipegang terlalu lama dalam satu waktu. Kucing anggora akan lebih senang duduk berada di sekitar pemiliknya dan selalu mengawasi daerah sekitarnya. Anggora akan selalu mencari tempat yang lebih tinggi untuk dinaiki, semisal rak buku, lemari, meja dan lainya. Selain itu anggora juga merupakan tipe kucing yang berisik.

Standar Ras Kucing Anggora pada Umumnya

kucing anggora warna hitam
Ras Angora

Anggora yang standar atau biasa akan memiliki warna solid (polos) seperti warna putih, hitam. Badan anggora jantan lebih besar dibandingkan yang betina. Tubuhnya lebih panjang pada bagian belakang sedikit lebih tinggi dari pada bagian depan. Struktur tulang juga harus baik. Bulunya juga halus dan berukuran sedang dengan kecenderungan meringkuk.

Pada bagian leher lebih lebar dan bulunya lebih panjang. Kepalanya lebar pada bagian atas dengan dagu yang agak lancip. Telinga lebar pada bagian dasar lancip pada bagian atas dan tegak. Warna matanya kuning, bermata aneh (warna mata berbeda dengan lainya) atau biru. Dan ekornya juga harus panjang.

 

Cara Merawat Kucing Anggora

kucing anggora
meogiong.com

Jika anda ingin memelihara kucing anggora , namun belum bisa merawatnya? Tenang saja, karena cukup mudah dalam merawat kucing anggora. Anda hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit untuk merawat kucing anggora dalam satu hari. Berikut tips dalam merawat kucing anggora.

Makanan dan Minuman Kucing

kucing anggora habis makan
Etsy

Dalam hal ini kita harus memperhatikan dengan cukup jeli dalam memilah dan memilih makanan yang cocok untuk dikonsumsi kucing yang kita pelihara. Banyak sekali produk diluar sana yang dijual untuk kucing. Namun tidak semua makanan tersebut baik untuk hewan peliharaan kita.

Biasanya makanan-makanan kaleng (makanan basah) tidak baik untuk dikonsumsi kucing. Makanan kaleng tersebut akan berpengaruh pada kualitas bulu yang tumbuh dan usia kucing yang kita pelihara. Pastinya kita tidak menginginkan jika bulu kucing rusak dan usianya tidak panjang. Jadi usahakan pilih makanan terbaik dan gunakan jenis makanan kering saja.

Untuk minuman biasakan diberi air putih yang sudah dimasak jangan air mentah dari kran. Sesekali kita bisa memberikanya susu, namun jangan terlalu sering karena kurang bagus untuk kesehatan si kucing.

Selain itu susu yang diberikan juga bukan susu yang dikonsumsi manusia, karena pada umumnya susu yang dikonsumsi manusia mengandung lactobacillus protectus yang akan mengakibatkan kucing mencret. Berikanlah susu khusus untuk kucing semisal royal canin.

Membersihkan Kandang Kucing Anggora

kucing anggora sedang tidur
FaveCrafts.com

Ketika kita memutuskan untuk memelihara kucing anggora, maka kita juga harus siap merawat kucing anggora yang dipelihara tersebut, terlebih dalam hal membersihkan kandang. Selain itu tempat dan pasir untuk membuang kotoran kucing juga harus rutin dibersihkan dan diganti.

Pasir untuk pembuangan kotoran harus diganti setiap hari nya, karena jika dibiarkan akan menimbulkan bau yang tidak enak dan bisa mengakibatkan mudahnya tumbuh berbagai penyakit baik bagi anda ataupun kucing peliharaan tersebut.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah ukuran kandang kucing. Ukuran kandang kucing disesuaikan dengan ukuran dan berat badan si kucing agar bisa nyaman. Jika anda kurang paham ukuran pasti dalam hal ini bisa ditanyakan langsung pada pet shop terdekat.

Membersihkan Kucing Anggora dengan Rutin

kucing anggora

Untuk menjaga kecantikan bulu-bulu halus dan keanggunan kucing anggora, kita harus meluangkan sedikit waktu untuk membersihkan badan kucing yang anda pelihara. Sisirlah bulu kucing anggora setiap hari. Hal ini agar bulu-bulu yang suda mati bisa terangkat sekaligus membuat bulu makin lurus. Karena jika bulu yang mati tidak diambil maka akan menjadikan bulu kucing gimbal.

Selain itu bulu yang sudah mati bisa mengakibatkan hairball (gumpalan bulu yang masuk pad saluran pencernaan). Hal ini bisa terjadi pada saat kucing menjilati badanya sendiri, bulu-bulu tersebut bisa masuk kedalam mulut dan tertelan.

Memeriksakan Kucing ke Dokter Hewan dan Memberikan Vaksin

kucing anggora sedang vaksin
jejakrekam.com

Tidak hanya manusia aja yang memerlukan vaksin, namun kucing juga membutuhkanya, agar daya tahan kucing bisa kuat dan tidak mudah sakit. Pada umumnya kucing yang diberikan vaksin pada usia 8-9 minggu.

Sebelum memberikan vaksin pada kucing yang anda pelihara sebaiknya perhatikan kesehatan kucing tersebut. Jika kucing sedang kurang sehat atau kondisi badan melemah, maka pemberian vaksin ditunda sampai tubuhnya benar-benar sehat.

Vaksin yang perlu diberikan pada kucing peliharaan kita antara lain: vaksin harpes, vaksin rabies dan vaksin leukemia. Jika kucing tidak diberikan vaksin, maka kemungkinan tubuhnya akan melemah dan lebih mudah terserang virus. Akibatnya kucing akan mati, bahkan yang lebih parah jika kucing terkena rabies yang bisa menular kepada manusia.

Warna-warna Kucing Anggora

Warna bulu pada kucing anggora telah tercatat oleh LOOF (Livre Officiel des Origines Felines) dan diakui juga oleh FIFe, kecuali warna liliac, warna point, kayu manis, sepia, cokelat dan mink. Beberapa lembaga juga ada yang mengakui warna point.

kucing anggora putih
WallpaperSafari.com

Kucing anggora turki warna putih dengan mata berwarna kuning (emas).

anggora warna bercak tutul hitam perak

Kucing anggora turki dengan warna tabby tutul hitam perak

kucing anggora
wiki.eanswer.com

Kucing anggora turki berwarna temperung kura-kura hitam asap

 

 

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *