Ad Clicks : Ad Views :
img

Inilah, 7 Kode Kemasan Plastik yang Harus Kamu Ketahui

/
/
/
97 Views

Dalam kehidupan sehari-hari, wadah berbahan plastik adalah kebutuhan yang termasuk tidak tergantikan. Karena wadah berbahan plastik sangat praktis untuk digunakan. Tapi tahukah kamu, jenis-jenis wadah berbahan plastik yang aman untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Biasanya kemasan berbahan plastik memiliki logo berbentuk panah segitiga, kemudian di tengah terdapat angka. Angka inilah yang membedakan antara bahan plastik satu dengan bahan plastik lainya. Kode ini dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988 di Amerika Serikat dan digunakan pula oleh lembaga-lembaga yang mengembangkan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).

Berikut arti kode-kode segitiga yang ada pada kemasan plastik :

Kode 1 PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

kode-botol-no-1
tratamiento-de-agua.com.mx

Tanda logo daur ulang ini biasanya berwarna jernih / transaparan / tembus pandang seperti botol-botol minuman air mineral, minuman jus, soda dll. Botol jenis PET/PETE ini didesain hanya untuk satu kali pakai saja. Jika terlalu sering dipakai atau bahkan digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi air panas, maka akan mengakibatkan lapisan polimer pada kemasan botol tersebut akan meleleh sehingga mengeluarkan zat karsinogenik (dapat mengakibatkan kanker) dalam jangka panjang.

Bagi para pekerja yang bekerja di tempat pengolahan PET maupun produk daur ulang sebaiknya harus waspada juga. Pasalnya, dalam pembuatan PET, menggunakan bahan-bahan yang disebut antimoni trioksida. Dengan menghirup debu yang mengandung senyawa kimia tersebut, dalam periode yang lama akan mengakibatkan iritasi kulit dan gangguan saluran pernafasan. Bagi pekerja wanita sebaiknya lebih waspada, karena hal ini dapat menyebabkan gangguan menstruasi dan keguguran jika dalam keadaan hamil. Apabila dapat mempertahankan kehamilanya hingga melahirkan, kemungkinan akan ada gangguan pertumbuhan pada anak tersebut hingga usia 12 bulan.

Kode 2 HDPE (High Density Polyethylene)

jerigen
wisata-kota-malang.blogspot.com

Tanda logo daur ulang yang ke dua ini, memiliki warna putih susu atau buram. Kemasan plastik berbahan ini seperti, tupperware, galon air minum, kursi lipat dll. Bahan HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat dibanding kode daur ulang satu. Bahan yang ke dua ini memiliki ketahanan terhadap air bersuhu tinggi.

HDPE termasuk salah satu bahan yang aman untuk digunakan. Kemampuan untuk mencegah reaksi kimia yang ditimbulkan karena makanan atau minuman yang dikemasnya. Kode  HDPE sama dengan kode PET, sebaiknya hanya digunakan satu kali pemakaian. Karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat.

Kode 3 V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Shrink-Wrap
www.finaltouchorgaline.com

Tanda logo daur ulang yang ke tiga ini bisa ditemukan pada platik pembungkus (cling warp), dan berbagai botol-botol kemasan. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya bagi kesehatan terutama gangguan ginjal, hati dan berat badan. PVC mengandung bahan klorin yang bisa mengeluarkan racun jika bahan ini dibakar.

PVC mengandung DEHA ( Diethylhydroxylamine) yang berbahaya bagi tubuh. Bahan ini akan bereaksi dengan makanan yang dikemas. DEHA bisa lumer pada suhu -15 Derajat Celcius. Jadi PVC tidak boleh digunakan untuk menyimpan makanan. Bahan ini biasanya diolah kembali untuk mudflaps, tikar, panel dll.

Kode 4 LDPE (Low Density Polyethylene)

wadah-makanan
www.lazada.co.id

Tanda logo yang ke empat ini bisa digunakan untuk menyimpan makanan, plastik kemasan dan botol-botol yang lembek. Kemasan plastik dengan kode nomor empat dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memiliki fleksibilitas tapi kuat. Kemasan berkode nomor empat ini tidak bisa dihancurkan tapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan kemasan ini.

Kode 5 PP (Polypropylene)

Botol-Susu-bayi
www.gayahidupku.com

PP (Polypropylene) bahan ini adalah pilihan terbaik untuk menyimpan makanan dan minuman. Semisal kotak makanan, botol minuman dan yang paling penting aman juga untuk botol minuman bayi. Bentuknya berwarna transparan, tidak jernih atau berawan dan cukup mengkilap. Polypropylene lebih kuat dibanding bahan yang lain, bahanya ringan, tahan terhadap lemak dan stabil dengan air bersuhu tinggi.

Jika hendak membeli kemasan plastik untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk menyimpan makanan atau minuman, pilihlah jenis ini tau kode angka 5. Karena jenis PP (Polypropylene) ini merupakan pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman.

Kode 6 PS (Polystyrene)

Styrofoam-kode-no-6
www.mymcmedia.org

Bahan ini biasa dipakai untuk wadah makanan, seperti styrofoam, tempat minum sekali pakai dll. Kita sering menjumpai di masyarakat, ketika ada hajatan atau acara-acara besar lainya. Styrofoam sering digunakan untuk wadah makanan atau minuman. Padahal bahan PS (Polystyrene) ini ternyata tidak baik bagi kesehatan.

Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan dan bahan tersebut bersentuhan, terutama pada suhu yang tinggi. Dampaknya bisa mengganggu kesehatan otak, menggannggu hormon esterogen pada wanita yang bisa mengakibatkan pada masalah reproduksi dan sistem syaraf.

Selain terdapat pada bahan wadah makanan, styrine juga dapat ditemukan pada asap rokok, asap kendaraan, dan bahan konstruksi gedung. Demi kesehatan sebaiknya bahan ini dihindari. Bahkan di beberapa negara seperti Amerika dan china sudah melarang untuk penggunaan bahan ini untuk wadah makanan seperti styrofoam dll.

Kode 7 Other (O)

kode-plastik-no-7
id.aliexpress.com

Untuk jenis bahan plastik nomor tujuh ini atau Other, terdapat empat jenis yaitu SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PC (Polycarbonate) dan Nylon.

Kode Other (biasanya Polycarbonate) kebanyakan terdapat pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, elektronik, komputer dan plastik kemasan. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utama yaitu, Bisphenol-A yang bisa merusak sistem hormon jika tercampur makanan dan masuk ke dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya hindari jenis ini.

Setelah membaca ulasan mengenai kode bahan plastik diatas, mulailah untuk memilih-milih wadah makanan atau minuman yang hendak kita pakai. Sebisa mungkin gunakanlah wadah kemasan plastik yang tercantum kode 4 atau 5, karena diantara semua bahan kemasan plastik, kode tersebut yang paling aman untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *