Ad Clicks : Ad Views :
img

Khasiat Daun Sirsak Obat Berbagai Penyakit dan Cara Pengolahanya

/
/
/
202 Views

Khasiat Daun Sirsak – kebanyakan masyarakat Indonesia suka mengkonsumsi buah sirsak yang memiliki rasa asam dan kecut. Biasanya langsung dimakan atau bisa juga diolah sebagai jus atau minuman. Tapi tahukah anda jika telah jika ada fakta menarik di balik daun sirsak.

Dalam sebuah penelitian ternyata daun sirsak dapat mengobati penyakit yang berbahaya seperti kanker. Daun sirsak memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia yang tidak disangka-sangka.

Daun sirsak mungkin tidaklah menarik bagi kita dari pada buahnya. Namun manfaatnya jauh lebih banyak dari pada buahnya.

Hal ini mungkin bisa menjadi sesuatu yang adil dari tidak diperhatikanya sebuah daun namun ia memiliki khasiat, sehingga orang akan membutuhkanya.

Daun sirsak mulai popular semenjak ditemukanya penemuan oleh para ahli bahwa daun ini bisa untuk mengobati penyakit berbahaya yaitu kanker.

Hal ini juga disinyalir lebih baik daripada kemoterapi. Kandungan daun sirsak sebagai anti kanker lebih baik dari pada buah sirsak.

Khasiat yang tinggi inilah yang menjadikanya banyak diolah dalam berbagai bentuk ekstrak dan olahan lainya. Seperti dalam bentuk kapsul, seduhan the dan olahan herbal lainya.

Semuanya sama-sama dalam memberikan khasiatnya. Sehingga banyak perusahaan yang mengolahnya dan membudidayakan sirsak.

Dalam penggunaan daun sirsak untuk obat sendiri sebenarnya tidaklah sulit sehingga dapat dilakukan sendiri.

Caranya dengan cukup mengumpulkan dedaunan sirsak yang telah berwarna hijau tua. Setelah itu rebuslah daun sirsak dan minum air rebusan daun sirsak tersebut.

Daun sirsak tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan kanker saja. Namun bisa juga untuk mengobati penyakit lainya semisal asam urat, asma, ambeien, diabetes dan lain sebagainya. Berikut beberapa khasiat dari daun sirsak untuk kesehatan.

# Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

air-rebusan-daun-sirsak

1. Mengobati Asam Urat

Mengkonsumsi daun sirsak akan mampu membantu mengobati asam urat anda. Bahkan telah banyak berbagai macam obat-obatan herbal yang menggunakan daun sirsak sebagai bahan utama untuk mengobati asam urat.

Cara penggunaanya : Cucilah daun sirsak 6 hingga 10 helai yang sudah tua namun masih berwarna hijau kemudian rebus daun tersebut. Gunakan 2 gelas air untuk merebusnya dan didihkan hingga menjadi satu gelas.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya minum pada pagi dan sore setiap hari.

2. Mengatasi Rematik

Penyakit rematik pada umumnya dialami oleh orang yang telah lanjut usia. Daun sirsak ini merupakan obat yang alami untuk meredakan nyeri arthritis.
Cara menggunakanya : untuk masalah eksim dan rematik ada sedikit perbedaan dalam menggunakanya.

Haluskan daun sirsak dan oleskan pada bagian tubuh yang terkenya nyeri akibat arthritis, eksim dan rematik secara teratur yaitu dua kali sehari.

Kemudian diamkan beberapa menit hingga daun mulai mongering.

3. Mengobati Penyakit Kanker

Hal inilah yang menjadikan daun sirsak menjadi sangat popular di dunia termasuk di Indonesia yang kaya akan tanaman herbal.

Daun sirsak mampu menghambat dan menyembuhkan penyakit kanker lebih cepat dan lebih efektif dari pada kemoterapi yang dapat menimbulkan beberapa efek samping. Selain itu kemoterapi juga menggunakan biaya yang sangat mahal.

Bahkan dalam sebuah penelitian, daun sirsak memiliki bahan aktif yang jauh lebih kuat dari pada kemoterapi dalam melawan sel kanker, yaitu 10 ribu kali lipat.

Oleh karena itu, daun sirsak juga mampu mengobati berbagai jenis kenker termasuk paru-paru, kanker payudara dan prostat.

Cara menggunakanya : Cuci bersih 10 helai daun sirsak kemudian rebus menggunakan 10 gelas, tunggu hingga menjadi satu gelas. Kemudian minum ramuan tersebut selam 3 sampai 4 minggu secara teratur setiap pagi.

Daun sirsak sebagai obat paling ampu dalam mengobati penyakit kanker pada saaat ini dan hamper 40 tahun digunakan dalam memerangi penyakit kanker.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mencegah Terjadinya Infeksi

Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh manusia.

Rebuslah daun sirsak 4 hingga 5 lembar dengan 4 gelas air mineral, didihkan hingga tersisa satu gelas air, kemudian minum air tersebut secara teratur dua kali sehari. Antioksidan pada daun sirsak sangat bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh kita.

5. Mengobati Diabetes

Batas kadar gula normal pada darah manusia berkisar antara 70 mg hingga 120 mg. Zat yang terkandung dalam daun sirsak mampu menstabilkan kadar darah menjadi normal. Selain itu olahan daun sirsak juga mampu menjadi solusi obat diabetes alami.

Bersihkan 2 hingga 5 helai daun sirsak menggunakan air bersih mengalir, lalu rebus daun sirsak menggunakan air hangat 3 gelas. Didihkan hingga menjadi satu gelas. Kemudian minumlah dengan teratur pagi dan malam untuk mengobati diabetes.

Lakukan secara teratur selama 3 sampai 4 hari, kemudian cek kadar gula darah anda.

6. Menghilangkan Sakit Pada Punggung

Sakit pada bagian punggung terkadang bisa kita alami ketika sedang berolahraga atau bertambahnya usia. Menggunakan obat-obatan dengan bahan kimia biasanya akan menimbulkan efek samping.

Daun sirsak merupakan obat alami yang cukup efektif dalam menghilangkan sakit punggung tanpa ada efek samping yang negative.

Anda dapat merebusnya kurang lebih 20 lembar daun sirsak menggunakan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas saja. Kemudian minumlah ¾ cangkir per hari untuk mengatasi masalah punggung yang anda derita.

7. Melawan Bakteri, Virus dan Mencegah Membesarnya Tumor

Daun sirsak juga efektif dalam menghambat pertumbuhan virus, bakteri dan pertumbuhan tumor. Sifat penyembuhan yang dimiliki daun sirsak dapat menjadi obat anti kejang. Selain itu juga mampu menurunkan demam dan menstabilkan darah tinggi.

Konsumsi daun sirsak secara rutin, maka akan membantu stamina dan mempercepat pemulihan dari berbagai jenis penyakit.

8. Daun Sirsak Untuk Menghilangkan Kutu Pada Rambut

Daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh pada bagian rambut kepala penyebab gangguan rambut seperti ketombe maupun kutu. Untuk bisa menggunakan khasiat ini tidaklah terlalu sulit.

Rebuslah daun sirsak kurang lebih 10-20 menit, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk keramas. Air rebusan daun sirsak tersebut mampu menghilangkan parasit seperti kutu dan ketombe.

9. Daun Sirsak Mampu Membersihkan Komedo

Cara mengolahnya cukup mudah. Haluskan beberapa helai daun sirsak kemudian oleskan pada bagian wajah yang terkena komedo. Daun sirsak tersebut sangat berguna mencegah timbulnya komedo dan masalah kulit lainya.

10 Daun Sirsak Mengobati Eksim

Eksim atau eczema adalah istilah yang digunakan untuk kelainan kulit (penyakit kulit). Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan pada kulit misalnya kulit basah maupun kulit yang terlalu kering.Daun sirsak mampu mengobati eksim secara alami.

Anda bisa menggunakan daun sirsak sebagai masker wajah. Caranya mudah sekali, hanya perlu menghaluskan daun sirsak kemudian oleskan pada daerah yang terkena tersebut.

Sebaiknya untuk hasil maksimal oleskan dengan teratur dua kali sehari. Hal ini akan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim tersebut dan juga bisa menyembuhkanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *