Ad Clicks : Ad Views :
img

5 Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Landak Mini dan Cara Penangananya

/
/
/
263 Views

Jenis Penyakit Landak Mini – Landak mini merupakan salah satu hewan unik yang bisa anda jadikan hewan peliharaan di dalam rumah. Landak mini mulai dikenal para pecinta hewan peliharaan karena perawatan hewan mungil satu ini cukup mudah.

Meski cara merawat landak mini tergolong mudah dan simple namun, bukan berarti hewan ini tidak bisa terkena penyakit. Seperti pada umumnya makhluk hidup lainya, kelalaian dalam memeliharanya bisa menyebabkan datangnya sumber penyakit. Yang bisa menyerang kekebalan tubuh hewan lucu satu ini.

Nah, biasanya penyakit apa saja sih yang sering menyerang landak mini? Berikut penjelasanya tentang jenis penyakit landak mini:

1. Obesitas

Landak Mini Makan
HedgehogStreet.org

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa terjadi kepada landak mini dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula. Sebaiknya, berikan saja landak mini seperti makanan kucing atau makanan anjing yang mengandung rendah lemak, protein tinggi serta cukup serat.

Apabila berat badan yang terjadi pada landak mini diabaikan begitu saja, maka dapat memicu datangnya penyakit hati berlemak yang cukup membahayakan kesehatan landak mini kesayangan anda.

Solusinya sebaiknya sering sering diajak bermain atau berikan dia tempat bermain agar tubuhnya terus bergerak sehingga fisik landak mini tetap kuat dan sehat dan berikan makanan makanan yang mengandung gizi cukup yang sesuai kebutuhan landak mini.

2. Scabies

Penyakit Pada Landak Mini
Landak Mini

Sebagaimana yang telah kita ketahui, scabies merupakan jenis penyakit yang sering menyerang anjing  dan kucing. Namun faktanya, ternyata jenis penyakit ini juga bisa menyerang landak mini.

Penyakit scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh kutu atau tungau notoedres cati yang pada umumnya menyerang kucing dan tungau sarcoptes scabie pada anjing.

Meskipun demikian, terkadang ada juga tungau notoedres cati yang menyebabkan scabies pada anjing dan sarcoptes scabie menyebabkan scabies pada kucing.

Penularan penyakit scabies pada umumnya melalui kontak fisik atau kontak dengan benda-benda yang telah terkontaminasi tungau scabies, baik itu berupa sisir, aksesoris hewan, kandang, dan lainnya. Perlu diketahui juga bahwa scabies atau scabiesis bisa juga menular ke manusia.

Lalu bagaimana cara mengobati landak mini yang telah terkena penyakit scabies?

Berikut beberapa cara dan tips untuk mengobati scabies pada landak mini:

  1. Bersihkanlah kandang, perlengkapan, serta sandang secara menyeluruh. Kemudian siram perlengkapan tersebut menggunakan desinfektan atau bisa juga air yang telah dicampur dengan belerang. Jemur di bawah terik matahari semua perlengkapan tersebut. Lakukan hal ini kurang lebih 2 minggu.
  2. Mandikan landak mini yang menderita scabies, jangan lupa untuk menggunakan sabun yang mengandung sulfur. Setelah dimandikan, siram atau rendam landak mini ke dalam bak berisi air yang telah diberi sulfur atau belerang sebanyak 2% atau 3%. Lakukan hal ini selama kurang lebih dua minggu.
  3. Apabila langkah pertama dan kedua kurang memberikan hasil yang memuaskan atau tidak ada perubahan yang signifikan selama dua minggu, saran saya sebaiknya bawa hewan peliharaan anda ke dokter hewan terdekat dengan segera.

3. Diare

Diare yang terjadi pada landak mini biasanya disebabkan karena kandang atau serbuk kayu digunakan sebagai alas kandang landak mini dalam kondisi kotor atau jarang dibersihkan dengan rutin. Selain itu, tempat makan dan tempat minum landak mini juga dalam kondisi kotor.

Selaind ari factor kebersihan bisa juga dari factor makanan yang diberikan kepada landak mini diletakan begitu saja ke dalam kandang sehingga akan menyebabkan makanan yang masuk ketubuhnya kurang steril yang akan mendatangkan kuman dan berbagai bakteri yang bisa mengganggu kinerja pencernaan, sehingga akan menimbulkan penyakit seperti diare.

4. Flue

Penyakit flue bisa menyerang landak mini disebabkan lingkungan baik di dalam kandang ataupun disekitar kandang kurang bersih. Selain itu, bisa juga karena serbuk kayu yang digunakan sebagai las kurang tepat, semisal serbuk kayu yang terlalu halus dan berdebu, sehingga mengakibatkan debu debu itu masuk ke dalam saluran pernafasan.

5. Katarak

Penyakit mata ini sering menyerang landak mini yang memang telah lanjut usia. Namun, bukan tidak mungkin jika penyakit katarak ini juga menyerang pada landak mini yang bisa dibilang masih cukup muda.

Landak mini muda yang terserang penyakit mata katarak biasanya karena pemberian makan yang mengandung protein tidak seimbang yaitu jenis makanan yang mengandung protein terlalu tinggi semisal pemberian makanan ulat hongkong yang terlalu berlebihan.

Demikian beberapa penyakit yang biasa menyerang pada landak mini. Semoga informasi yang telah disampaikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *