Ad Clicks : Ad Views :
img

7 Jenis Pempek yang Sangat Menggugah Selera yang Harus Anda Coba

/
/
/
51 Views

Mendengar kata Pempek, semua orang pasti setuju dengan saya, yaitu “mak nyuus” ,rasanya.hee. Makanan khas daerah palembang ini memang memiliki citarasa yang berbeda dari pada makanan-makanan yang lain. Rasanya yang gurih yang berbahan dasar ikan dan tepung, dicampur dengan kuah cuka (cuko) yang khas menjadikanya sangat digemari banyak orang termasuk saya sendiri.

Pempek adalah salah satu masakan asli Indonesia yang berasal dari Sumatera tepatnya Palembang ini memiliki bermacam-macam olahan. Jika anda pecinta kuliner Nusantara, setidaknya ada 7 macam olahan pempek yang harus anda cicipi. Apa saja jenis olahan tersebut? Berikut saya berikan 7 macam olahan pempek.

  1. Pempek Lenjer
pempek-lenjer
indonesianparadise.net

Pempek yang mempunyai tekstur empuk dan lembut ini termasuk pempek yang sederhana, tidak terlalu rumit dalam membuatnya. Bentuk Pempek Lenjer yaitu disesuaikan dengan namanya, Lenejer berarti panjang. Berbahan dasarkan ikan tengiri dan tepung. Rasanya gurih, kenyal dan juga renyah.

Biasanya Pempek Lenjer ini mempunyai dua ukuran, ukuran Pempek Lenjer Mini dan Pempek Lenjer ukuran Jumbo. Meskipun ukuranya berbeda, namun masalah rasa tetap sama-sama nikmat. Sehingga kita bisa menyesuaikan dengan selera kita masing-masing.

  1. Pempek Kapal Selam
pempek-kapal-selam
shareyoureat.blogspot.com

Pempek Kapal Selam juga tak kalah familiar dengan pempek Lenjer. Namun Pempek Kapal Selam ini memiliki perbedaan yang signifikan dari pada Pempek Lenjer. Dari segi bentuk sangat terlihat perbedaanya, Pempek Kapal Selam memiliki bentuk yang memang mirip kapal selam, bentuknya agak cembung, selain itu didalam nya juga terdapat telur yang menjadikanya makin nikmat dan banyak diminati para pecinta kuliner Nusantara.

  1. Pempek Adaan
pempek-adaan
ncc-indonesia.com

Pempek yang satu ini juga tak kalah terkenalnya dengan pempek yang lain. Pempek Adaan memiliki bentuk bulat. Mungkin bagi orang yang pertama kali makan pempek jenis ini sekilas akan mengira bakso ikan. Tapi sebenarnya bakso ikan dan pempek Adaan ini mempunyai perbedaan. Dari segi teksturnya bakso ikan lebih lembut dan halus, sedangkan pempek Adaan teksturnya lebih kasar dan agak keras. Ukuranya juga lebih besar dari pada bakso ikan.

  1. Pempek Kulit
pempek-kulit
jualpempekdijogja.blogspot.com

Varian pempek yang satu ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, sebagai pecinta kuliner anda harus mencoba untuk mencicipinya. Pempek Kulit, dari namanya saja tentu Pempek ini berbahan dasar kulit ikan. Biasanya untuk pempek jenis lain berbahan dasar dagingnya saja, sehingga warnanya putih. Sedangkan Pempek Kulit ini berwarna coklat kehitaman. Selain itu pempek ini tidak direbus dulu tapi langsung digoreng seperti pempek Adaan.

  1. Pempek Keriting
pempek-keriting
pempekita.com

Pembuatan Pempek Keriting memakai cetakan sehingga memiliki bentuk yang menggumpal seperti rambut keriting. Meskipun bentuknya berbeda, bahan dasarnya sama seperti pempek yang lain, dari daging ikan. Pempek Keriting bisa disajikan basah atau kering. Jika ingin disajikan kering tinggal digoreng saja dan siap disajikan dengan mentimun, mie dan kuah cuko.

  1. Pempek Lenggang
pempek-lenggang
iraja-makan.co.id

Pempek Lenggang biasanya dimasak dengan cara dilenggang (proses pemanggangan) diatas tungku bara atau digoreng juga bisa. Sekilas bentukya mirip telur dadar, tapi di dalamnya pempek. Bahan dasarnya sama seperti Pempek Kapal Selam yang juga menggunakan telur. Bedanya kalau Pempek Kapal Selam di dalamnya terdapat telur, sedangkan Pempek Lenggang justru sebaliknya, telurnya ditaruh diluar. Cara mudah untuk membuatnya adalah, Pempek Lenjer dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dicampur dengan telor.

  1. Pempek Pistel
pempek-pistel
atjehpost.com

Pempek Pistel biasanya memakai isi, di dalamnya bisa diisi pepaya muda yang sudah dimasak sebelumnya, atau bisa juga diisi telur, sesuai selera. Ukuran dan bentuk nya memang mirip kapal selam namun bagian pinggir pempek pistel berbentuk gelombang, seperti kipas. Sehingga kalau digoreng pinggir-pinggirnya jadi terasa renyah.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *