Ad Clicks : Ad Views :
img

Istana Topkapi Tempat Bersejarah Kesultanan Turki

/
/
/
439 Views

Istana Topkapi – adalah istana yang menjadi pusat pemerintahan Turki selama 400 tahun (1465-1856) dari masa pemerintahan selama 624 tahun.

Istana Topkapi merupakan pusat administrasi dari kerajaan Turki yang membuatnya menjadi salah satu situs sejarah yang penting untuk dikunjungi di Istanbul, Ibu Kota Turki.

Sekarang instana ini telah menjadi museum yang mampu menyedot pengunjung 2,5 juta pertahun. Di dalamnya terdapat peninggalan-peninggalan kejayaan islam pada zaman kekhalifahan di Turki.

Topkapi Palace terletak di pinggir pantai selat Bosphorus dan tidak jauh dari masjid Hagia Shopia. Istana ini dikelilingi tembok-tembok yang sangat besar. Di dalamnya terdapat bangunan tempat raja, keluarga dan para pembantunya.

maket-topkapi-palace
www.tourketurki.com

Kompleks istana terdiri dari empat halaman utama dan beberapa bangunan yang lebih kecil. Pada bagian puncak, istana ini mampu menampung 4000 orang dan mencakup area yang luas yaitu 700.000 meter² dan dikelilingi benteng sekitar 5 km.

Di dalamnya terdapat masjid, rumah sakit, toko dan lain sebagainya.

Kita bisa menikmati keindahan bangunan kesultanan zaman dulu, mulai dari kaligrafi yang menempel di dinding-dinding, keramik dengan berbagai motif yang indah yang melapisi setiap lantai ruangan. Selain itu juga terdapat beberapa peninggalan para Nabi.

Untuk bisa masuk kedalam Istana Topkapi ini kita cukup membayar tiket masuk sebesar 30 TL (Turki Lira) yang disediakan di dekat pintu masuk. Pada pintu masuknya terdapat hiasan kaligrafi Syahadat dan juga Tughra, sejenis monogram, cap atau tanda tangan Sultan Ustmaniyah.

harem-topkapi-palace
Harem Topkapi Palace – www.boro.gr

Salah satu tempat yang juga harus dikunjungi di istana ini adalah Harem Topkapi Palace. Tempat ini merupakan tempat tinggal para istri dan ibu dari Sultan.

Keindahan ruangan ini tidak kalah dari ruangan-ruangan lainya yang ada di istana Topkapi, pada bagian dinding terdapat motif bunga yang sangat indah. Untuk bisa masuk ke tempat ini harus membeli tiket lagi sebesar 15 Lira.

pintu-masuk-sacred-relics-topkapi-palace
Pintu masuk Sacred Relics Topkapi Palace – www.tourketurki.com

Terdapat satu tempat lagi yang wajib dikunjungi di tempat ini yaitu Sacred Relics Topkapi Palace. Disinilah tempat dimana peninggalan para nabi dipamerkan.

Ruangan ini dulunya adalah ruangan pribadi sultan. Pengunjung yang non islam harus menggunakan pakaian yang tertutup jika hendak memasuki ruangan ini, mereka harus menggunakan penutup kepala dan juga sarung untuk menutupi kakinya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *