Ad Clicks : Ad Views :
img

5 Hal yang Dapat Kita Ambil Sebagai Pelajaran dari Filosofi Pensil

/
/
/
131 Views

Filosofi Pensil – Belajar kehidupan bisa dimana saja, baik di sekolah, ataupun di luar sekolah, dari berbagai pengalaman atau belajar dari lingkungan yanga ada di sekitar kita. Selain itu belajar juga bisa dari hewan atau dari benda mati.

Bahkan di dalam islam kegiatan belajar adalah sebuah keharusan dan kewajiban dari apapun dan dimanapun. Dalam hal ini penulis ingin menyampaikan belajar dari sebuah pensil.

Jika kita mau berfikir dan merenung, ternyata sebuah pensil tersirat sebuah pelajaran yang bisa kita ambil dan bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut 5 filosofi kehidupan yang bisa kita pelajari dari si pensil.

1. Pensil Bisa Melakukan Hal yang Luar Biasa Karena Ada Tangan yang Menggerakan

filosofi-Pensil
pinterest.com

Pensil bisa digunakan untuk menulis apa saja, tetapi ia butuh bimbingan dari tangan yang menggerakkanya. Tanpa adanya tangan yang menggerakkanya sebuah pensil bukanlah apa-apa.

Ia tidak bisa digunakan untuk membuat karya atau untuk menulis. Itu sebabnya, kita manusia jangan pernah lupa bahwasanya ada tangan yang senantiasa menggerakkan kita, yaitu tangan Allah.

Dia akan selalu membimbing langkah-langkah kita untuk menuju jalan yang benar sesuai kehendak-Nya. Dan kita tidak perlu takut untuk menjalani hidup ini, karena ada Allah yang senantiasa menolong hamba-hamba-Nya yang membutuhkan bantuan-Nya.

2. Sebuah Pensil Perlu untuk Diruncing Supaya Tajam

meruncingkan-pensil
www.youtube.com

Pensil lama kelamaan akan tumpul, oleh karena itu ia harus diruncing agar nyaman untuk digunakan. Mungkin proses inilah yang akan membuat si pensi merasa kesakitan, bahkan mungkin ia akan teriak dan menangis jika memiliki mulut.

Begitu juga dengan kita sebagai manusia, berbagai proses yang kita jalani dalam kehidupan, pasti akan menjumpai proses yang tidak mengenakan dan berbagai masalah yang datang.

Tapi yakinlah, proses ini yang akan membuat kita menjadi lebih kuat dalam mengarungi lautan kehidupan dan menjadi tajam seperti si pensil, sehingga akan menjadikan kita lebih mudah dalam menjalani kehidupan di kemudian hari.

3. Terkadang Tulisan Pensil Perlu untuk Dihapus

menghapus
andanyways.com

ketika si pensil salah dalam menulis, semua kesalahan tersebut bisa dihapus dan diperbaiki. Nah, begitu pula dengan kita sebagai mausia yang tidak akan pernah luput dari salah dan dosa.

Akan tetapi kesalahan itu tidaklah buruk, melainkan hanya sebuah pembelajaran agar menjadi lebih baik. Tapi ingat, jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama.

Akan tetapi, karena “si tangan” yang menggerakan si pensil baik hati, kesalahan penulisan bisa dihapus kemudian diperbaiki. Jadi, kita hidup sebagai hamba Allah selalu punya kesempatan untuk bertaubat dari kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat dan memperbaiki diri.

4. Hal yang Terpenting Dalam Pensil

filosofi-isi-pensil
pinterest.com

Ketahuilah, bagian yang terpenting dalam sebuah pensil adalah apa yang ada di dalamnya. Sebagus apapun bentuk dan warna pensil, maka ia tidak akan berguna jika tidak ada arang di dalamnya.

Begitu pula dengan manusia, hal yang terpenting bukanlah wajah yang cantik, tampan, berpenampilan menarik, tapi yang terpenting adalah budi pekertinya, akhlaknya, dan bagaimana ia bisa bermanfaat bagi orang banyak.

5. Tulisan Pensil Selalu Membekas

filosofi-pensil
www.haikudeck.com

Meskipun kesalahan si pensil bisa dihapus, akan tetapi tentunya akan menimbulkan bekas coretan di kertas. Hal demikian juga terjadi dalam hidup kita, biarpun kesalahan yang pernah kita perbuat bisa diperbaiki, itu semua akan tetap memberikan bekas.

Contohnya, kita pernah menyakiti seseorang hingga membuatnya sakit hati, kemudian kita sadar lalu minta maaf dan dia pun memaafkan, akan tetapi meskipun ia memaafkan di dalam hatinya pasti ada bekas yang tidak akan mudah untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu berfikir dan berhati-hati sebelum melakukan tindakan agar tidak terjadi kesalahan.

Jika kita bisa menerapkan filosofi pensil dalam kehidupan kita, maka hidup kita akan menjadi lebih bermakna, lebih bersyukur dan menjadikan pribadi yang lebih baik, dari hari ke hari. Demikian, semoga menginspirasi.

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *