Ad Clicks : Ad Views :
img

Cara Merawat Sugar Glider Dengan Baik dan Benar

/
/
/
399 Views

Cara Merawat Sugar Glider – bagi kamu yang ingin atau sudah memiliki hewan peliharaan sugar glider, sebaiknya kamu harus tahu cara perawatan yang baik dan benar. Pasalnya ada beberapa pemelihara hewan ini yang kurang paham cara merawatnya sehingga hewan ini jadi kurang terawat dan bisa mengakibatkan stress, sakit atau bahkan kematian.

Sugar glider ini merupakan hewan yang banyak berkembangbiak di daerah Papua. Hewan ini memiliki keunikan tersendiri dan terlihat sangat menggemaskan. Selain itu hewan ini juga memiliki banyak jenis, hal inilah yang membuat banyak orang menyukainya untuk dijadikan hewan peliharaan.

# Bagaimana Cara Menjinakan Sugar Glider

sugar glider

Hewan ini pada dasarnya merupakan hewan liar yang tinggal di alam bebas. Karena hewan ini memiliki bentuk yang lucu dan menarik, sehingga banyak orang yang memilihnya untuk dijadikan hewan peliharaan. Maka dari itu hewan ini masih memiliki sifat liarnya jika menemukan tempat atau kondisi baru.

Hal yang perlu diperhatikan agar hewan ini bisa jinak adalah kita diamkan hewan ini selama beberapa hari di dalam lingkungan yang baru. Jangan kita ganggu sebelum hewan ini menjadi jinak.

Selama tahap adaptasi taruhlah beberapa baju yang sudah kita pakai di sekitar kandang atau di dalamnya, agar sugar glider bisa mengenali bau dari tubuh kita.

Setelah dua hari cobalah untuk memulai memberikan makanan menggunakan tangan kita langsung, namun perlu hati-hati karena bisa jadi hewan tersebut belum jinak 100% dan masih belum terlalu mengenal kita, sehingga ia masih menganggap kita adalah ancaman.

Cabalah lakukan hal ini terus menerus hingga hewan ini mengenali kita sehingga ia akan menjadi jinak dan siap untuk diajak main.

# Cara Merawat Sugar Glider

sugar glider

Perawatan Sugar Glider. Siapkanlah kandang sugar glider yang cukup untuk bergerak. Sediakan juga wadah untuk air minum, disarankan menggunakan dot hamster agar terjaga kebersihanya dan tidak menimbulkan basah kemana-mana.

Kenalkan dot sebagai air minum dengan cara menempelkan pada bagian mulutnya. Air yang diberikan juga bisa ditambahkan sedikit madu, karena hewan ini menyukai hal yang manis. Jangan lupa juga lebih baik gunakanlah air matang jangan menggunakan air dari kran langsung.

Letakan kandang dari jangkauan hewan lain seperti kucing maupun anjing, karena hewan ini akan merasa tidakm tenang dan panic. Jauhkan juga dari suara-suara yang bising karena sugar glider mudah terkejut.

Hindari juga cahaya yang langsung, karena mata sugar glider cukup sensitive terhadap rangsangan cahaya yang akan membuatnya terkejut dan juga silau, karena habitat sugar memang berada di tempat yang teduh dan gelap.

Dalam memelihara sugar glider diperlukan kesabaran, karena hewan ini cukup sulit ketika beradaptasi di tempat yang baru dan membutuhkan waktu yang lama pula. Selama proses penjinakan dan adaptasi ini, sebisa mungkin jangan sampai sugar glider tersakita, karena kamu perlu meyakinkannya bahwa manusia bukanlah ancaman baginya.

Perhatikan juga kuku pada sugar glider. Jika terlihat terlalu panjang, maka potonglah kukunya. Segera periksakan sugar glider jika mulai ada tanda-tanda bahwa ia sakit. Tandanya yaitu mata sayu dan terlihat lebih lemas serta menunjukan perilaku yang tidak biasanya.

Jika anda berminat untuk memelihara sugar glider ketahui juga Jenis-jenis Sugar Glider Beserta Harganya.

# Makanan dan Minuman Sugar Glider

makanan sugar glider

Sugar Glider merupakan hewan jenis omnivore (pemakan semua jenis makanan). Secara alami makanan sugar glider adalah getah pohon, buah-buahan, nectar dan serangga.

Kita tidak mungkin bisa menyediakan makanan yang sama persis dengan makanan di alam luar sana, namun kita bisa mensiasatinya dengan makanan yang mirip atau makanan yang mengandung zat sejenis.

Ada beberapa makanan yang telah diolah oleh perusahaan-perusahaan, maka pilihlah yang tepat kandungan dan komposisinya. Sedangkan minumannya, sediakan air bersih yang matang atau air mineral yang telah melalui proses penyulingan.

Bisa juga diberikan jus buah yang diletakan pada tempat minum hamster, sehingga tidak mudah tumpah yang akan mengakibatkan kotor pada kandang.

# Kandang dan Mainan yang Dibutuhkan Sugar Glider

kandang dan mainan sugar glider
Kandang Sugar Glider

Sugar Glider merupakan hewan yang sangat aktif, ia suka melompat dari pohon satu ke pohon lainya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya disediakan kandang dengan ukuran cukup luas dan juga tinggi.

Semakin besar ukuran kandang sugar glider, maka hal tersebut akan semakin bagus karena segar glider jadi lebih leluasa dalam bergerak dan bermain di dalam kandangnya.

Ukuran kandang standar minimum bagi hewan ini ialah panjang 60 cm, dengan tinggi 40 cm dan lebarnya 40 cm, itu untuk satu atau dua sugar glider. Namun lebih baik jika kamu menyediakan kandang yang lebih besar dari ukuran minimum tersebut.

Sugar glider merupakan hewan yang aktif di malam hari. Karena hewan yang kamu pelihara ini menghabiskan waktunya di dalam kandang, maka secara psikologis ia akan merasa bosan. Jadi masukanlah beberapa mainan untuk memenuhi kebutuhan psikologis mereka.

Tidak cukup hanya hiasan kandang, namun mainan yang tidak akan membuat mereka mudah bosan. Selain berfungsi sebagai hiasan, permainan seperti wheel akan sangat bagus bagi kesehatan sugar, karena bisa sebagai sarana olahraga.

Perlu diperhatikan juga dalam memilih mainan dan aksesoris, pastikan mainan tersebut terhindar dari bahan yang beracun atau yang berbahaya bagi sugar glider. Sugar glider sangat suka bermain dengan akar-akaran, kamu bisa mengganti dengan rantai plastic atau tali.

Secara rutin bersihkan juga mainan tersebut agar terhindar dari berbagai bakteri, terutama yang berbahan dari kayu. Karena  bakteri bisa masuk lewat pori-pori kayu.

Kondisikan kandang agar selalu kering, jangan sampai lembab karena kotoran, bersihkan secara rutin agar terhindar dari berbagai penyakit.

# Cara Memandikan Sugar Glider

Untuk menjaga kebersihan badan sugar glider dan menghindarkanya dari berbagai penyakit, kamu perlu memandikanya dengan teratur namun jangan terlalu sering. Cara memandikanya sebenarnya tidaklah sulit.

Kamu hanya perlu mengelapnya dengan menggunakan tisu basah ke seluruh tubuhnya atau bisa juga bisa juga memandikanya dengan menggunakan air yang ada di dalam wadah seperti halnya ketika memandikan hamster atau kucing.

Kemudian jika sudah selesai jangan lupa untuk mengeringkanya menggunakan hairdryer, jika tidak ada bisa di jemur di bawah matahari pada waktu pagi atau diamkan beberapa saat hingga kering. Setelah itu baru dimasukan ke dalam kandang.

Demikian beberapa cara untuk merawat sugar glider agar tetap sehat dan cantik. Semoga bermanfaat.

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *