Ad Clicks : Ad Views :
img

Tips Mudah Cara Merawat Kucing Anggora Baik dan Benar

/
/
/
550 Views

Cara Merawat Kucing Anggora – Kucing anggora merupakan kucing yang berasal dari daerah pegunungan Negara Turki. Kucing anggora memiliki bulu-bulu yang panjang dan lebat untuk melindungi dirinya dari suhu udara yang dingin. Pada abad ke – 16 ckucing anggora mulai masuk ke daerah Eropa.

Awal kucing anggora masuk ke Eropa yaitu ketika Sultan Turki memberikan hadiah kepada Raja Inggris. Sedangkan di Negara Amerika, kucing anggora masuk pertama kali pada tahun 1954. Namun, pada saat ini kucing anggora telah berkembang biak dan dapat ditemukan hampir di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia sendiri, bahkan sudah banyak komunitasnya.

Kucing anggora sangat suka jika diajak untuk bermain. Salah satu game yang disukai kucing anggora ialah kejar-kejaran dengan tikus lalu diterkamnya, dilemparkan atau disembunyikanya di tempat tertentu. Kucing anggora merupakan hewan yang cukup aktif. Ia suka berlari kesana-kemari.

Terkadang kucing anggora juga melompat, bahkan sampai bersembunyi di atas lemari. Perilakunya yang lucu dan unik ini yang membuat banyak orang menyukainya untuk dijadikan hewan peliharaan selain dari penampilanya yang memang cantik dan menggemaskan.

kucing putih anggora
Phz.PetInsurance.com

Kucing anggora menyukai air bahkan bak atau kolam air menjadi tempat favoritnya. Jadi jangan heran kalo anda tiba-tiba melihat kucing yang lucu ini nyebur ke dalam kolam.

Jenis kucing ini membutuhkan cukup banyak perhatian khusus karena kucing anggora mudah stres jika didiamkan dengan waktu yang cukup lama. Jadi anda harus sering-sering melakukan interaksi dengan kucing ini dengan sering mengajak bermain dan lainya.

Selain kelebihan di atas kucing anggora ternyata hewan yang cukup cerdas dan mudah untuk dilatih sehingga ia akan mengerti perintah yang anda berikan. Jika dilatih dengan baik, kucing ini bisa membuka pintu atau membuka tas dan lemari.

Cara Merawat Kucing Anggora

Jika anda tertarik untuk memelihara kucing anggora, namun anda belum tahu cara merawatnya.Berikut cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar. Hal-hal yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut.

1. Perhatikan Kebersihan Kandang Kucing Anggora

kandang kucing angora

Membersihkan kandang dan berbagai perlengkapan atau mainan kucing merupakan tindakan yang dapat menghindarkan si kucing dari berbagai macam penyakit. Kandang yang tidak bersih akan menimbulkan bau tak sedap.

Kotoran yang menempel terlalu lama akan menghasilkan ammonia dalam kandang. Tingginya kadar ammonia ini yang dapat mengganggu pernafasan pada kucing, sehingga akan menimbulkan penyakit. Jadi selalu perhatikan kebersihan kandang agar kucing terhindar dari segala penyakit dan bisa tumbuh dengan normal.

Cara membersihkan kandang kucing. Bersihkan semua peralatan dan juga kandang kucing, kemudian jemur di bawah terik matahari. Setelah kandang terasa kering semprotkan cairan desinfektan untuk memastikan perlangkapan dan kandang telah steril dari bakteri.

2. Berikan Makanan Kucing Anggora yang Sehat

makanan kucing anggora

Dalam menentukan makanan apa saja yang cocok untuk kucing anggora, anda perlu cermat dalam memilihnya. Sebab, banyak diluar sana produk makanan untuk kucing dengan kualitas yang tidak bagus. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan si kucing.

Biasanya jenis produk makanan kalengan atau makanan basah, tidak baik untuk kesehatan kucing. Makanan ini dapat mempengaruhi kualitas dari bulu dan umur kucing peliharaan kita.

Jadi sebelum anda membeli makanan untuk si kucing sebaiknya seleksi terlebih dahulu. Berikan makanan yang bersifat kering dan hindari makanan basah supaya kucing dapat tumbuh dengan sehat dan menjadikan bulu-bulunya makin halus dan cantik.

Untuk minuman kucing anggora, anda bisa memberikanya air mineral namun yang matang atau yang sudah dimasak, jangan gunakan air mentah. Sesekali juga berikan minuman susu, tapi jangan terlalu sering karena tidak bagus bagi kesehatan si kucing.

Perlu diingat juga, jangan berikan susu untuk dikonsumsi manusia, karena susu ini mengandung lactobacillus yang dapat mengakibatkan mencret pada si kucing. Berikanlah susu yang khusus untuk dikonsumsi oleh kucing.

3. Bersihkan Tubuh Kucing Anggora

Kucing Anggora
mrblackcatvn.blogspot.com

Sebagian orang membawa kucing kesayangan mereka untuk dibersihkan dan dimandikan, namun hal tersebut tentunya membutuhkan waktu dan dana yang cukup banyak. Untuk itu anda bisa memandikan kucing kesayangan di rumah dengan alat yang seadanya saja.

Sebelum memandikan kucing, siapkan beberapa peralatan seperti wadah air atau ember, air hangat, shampo bayi atau shampo kucing, sikat yang lembut, cotton buds, pemotong kuku dan handuk.

Cara membersihkanya bersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kucing biasanya pada bagian sela-sela kaki atau pada bagian badan. Bersihkan telinga menggunakan cotton buds, namun jangan terlalu dalam, biasanya pada kondisi ini kucing akan merasa geli.

Langkah berikutnya potong kuku si kucing pada bagian yang tajam saja, jadi jangan dihabiskan karena kucing memerlukan kukunya untuk memanjat. Selanjutnya siapkan wadah air beserta air hangat, ingat jangan air panas karena kucing akan memberontak jika memakai air panas.

Masukan kucing ke ember yang telah diisi dengan air hangat perlahan-lahan. Lalu basahi tubuh si kucing sedikit demi sedikit sambil diusap-usap. Gunakan sikat untuk meratakan shampo ke seluruh badan kucing.

Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih tanpa ada shampo yang tertinggal. Setelah dirasa bersih, keringkan kucing dengan hair dryer atau menggunakan handuk. Kemudian berikan bedak kucing, pada tahap ini kucing harus pada kondisi benar-benar kering, karena akan menimbulkan bau tak sedap jika kucing masih lembab.

Hal lain yang perlu diingat, jangan memandikan kucing pada saat ia sedang sakit. Karena hal ini akan memperparah keadanya, cukup dilap atau disikat dengan lembut saja.

4. Berikan Kasih Sayang dan Ajak Bermain

cara merawat kucing anggora masih kecil

Kucing merupakan hewan yang cukup aktif. Ia memiliki kebutuhan naluriah untuk mengekspresikan perilaku tertentu. Kucing yang dipelihara di dalm rumah atau di ruangan tertentu akan memiliki batasan-batasan tertentu, jadi ia tidak akan maksimal dalam mengekspresikan keinginanya tersebut.

Kucing yang terkurung di dalam ruangan, lama kelamaan instingnya tidak akan terlatih dan berakibat kehilangan kepekaan dan akan mudah stres. Oleh karena itu jika anda memelihara kucing sebaiknya menyediakan kebutuhan si kucing berupa peralatan permainan yang biasa ia dapatkan di lingkungan luar.

Jenis-jenis permainan tersebut semisal berburu, bersembunyi, kemampuan untuk berjalan mundur, mendaki, berlari serta permainan lainya. Selain menghilangkan stres permainan tersebut berguna sebagai saran olah raga si kucing. Agar badanya tetap sehat dan bugar.

Sesekali ajaklah kucing untuk bemain di taman atau keliling daerah sekitar anda. Jika anda tidak memiliki waktu setidaknya anda memberikan akses untuk bisa bermain di halaman rumah yang telah terpasang pagar pengaman.

5. Periksakan Kesehatan Kucing Anggora Ke Dokter Hewan Dengan Rutin

gambar kucing anggora

Pada saat kucing berumur 3 bulan perlu dilakukan tindakan vaksinasi, hal ini untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyaklit. Ikutilah saran-saran yang akan diberikan oleh dokter hewan terkait kesehatan kucing kesayangan anda. Biasanya vaksinasi akan dilakukan 3 kali vaksinasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *