Ad Clicks : Ad Views :
img

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly

/
/
/
425 Views

Cara Menulis Artikel SEO – Tidak jarang mereka yang mampu menembus posisi satu halaman Google namun menyajikan konten yang kurang menarik dan cenderung asal dalam membuatnya. Secara pandangan Google mungkin itu bagus, namun jangan menyepelekan para pembaca dengan menyajikan konten yang bikin orang bingung.

Kali ini kami akan menjelaskan matrix sederhana yang akan membuat artikel / kontenmu masuk halaman satu Google dengan mudah dan membuat pembaca betah berlama-lama mampir di blogmu.

Namun sebelum masuk kepada pembahasan sebaiknya kamu mengetahui cara kerja SEO saat ini. Karena SEO saat ini dengan SEO beberapa tahun lalu sedah banyak memiliki perubahan. Google semakin berkembang dan semakin cerdas, algoritma yang dikembangkan semakin bijak dan fair terhadap mereka yang lebih memprioritaskan kualitas konten ketimbang sekedar fokus pada backlink saja.

Kalau hanya mengedepankan backlink, sebuah konten (keyword konten) dengan mudahnya menembus posisi bagus di halaman Google, maka kamu (para pengguna Google) akan sering menjumpai informasi tidak jelas atau ‘sampah’ setiap kali mengetik keyword pada mesin pencari Google.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

SEO
pixabay.com

 

Berikut bebrapa poin yang mesti kamu perhatikan jika hendak membuat konten yang membuat disukai Google.

1. Buatlah Judul SEO Friendly

Maksudnya adalah buatlah judul yang mengandung kata kunci atau keyword di dalamnya, setidaknya 4 sampai 5 kata. Karena Google membaca berdasarkan kata kunci bukan berdasarkan judul yang ditulis. Untuk kata kunci kamu bisa merubahnya dengan mengedit permalink sesuai kata kunci yang sudah kamu riset sebelumnya.

2. Artikel Lebih dari 500 Kata

Sekarang, dalam menakhlukan keyword hanya bermodal 500 kata sangatlah susah. Indikator konten yang bagus dan berkualitas mungkin bisa dikatakan lebih dari 500 kata. Namun, di zaman yang penuh persaingan ini sudah sangat umum menggunakan strategi ini. Untuk bisa tampil beda di mata Google yaitu dengan cara menulis artikel menggunakan kata yang banyak, 1000 kata adalah angka yang cukup ideal pada saat ini.

Bahkan tidak ada salahnya juga jika menulis artikel dengan 2000 sampai 3000 kata. Malahan ini akan lebih bagus di hadapan mesin Google. Jasa Penulis Artikel.

3. Gunakan Gambar yang Teroptimasi

Artikel atau konten yang bagus tidak hanya berisikan teks atau tulisan saja, namun konten akan menjadi lebih hidup jika di dalamnya terdapat objuk lain yang memanjakan mata. Dan Google pun sangat paham dengan hal ini. Sehingga konten yang di dalamnya terdapat gambar, sangat berpotensi akan mendapatkan posisi bagus di halaman Google.

Namun pertanyaanya, apa itu gambar yang teroptimasi? Matt Cutts mengatakan gambar yang teroptimasi adalah gambar yang Tittle dan ALT-nya diisi dengan baik. Bisa sesuai keyword atau kalimat yang lain, yang terpenting adalah terlihat natural.

Gambar yang menggunakan ALT dan Tittle tentu akan lebih bagus di mata Google dari pada sekedar gambar yang tanpa atribut sama sekali. Kemudian sebaiknya berikan jeda kira-kira 3 paragraf antara gambar satu dengan gambar yang lain. Meskipun ini tidaklah mutlak namun sebaiknya seperti itu.

4. Terdapat Internal Link

Internal link adalah link yang ada di dalam konten dan mengarah ke konten lain yang masih di dalam satu website. Hubungkanlah konten yang kamu tulis dengan konten kamu yang lain.

Mengapa demikian? Hal seperti itu adalah deafult-nya seorang blogger, mereka akan selalu mengarahkan pembaca untuk mengunjungi artikel mereka yang lain menggunakan internal link.

5. Terdapat Outbond Link

Mungkin kamu seudah tahu bahwa memberikan link kepada orang lain atau web lain, tentunya akan menjadikan website tersebut makin baik reputasinya di mata Google. Oleh karena itu pastinya kamu tidak akan mudah memberikan link kepada website lain.

Namun hal ini ternyata menjadi salah satu nilai plus di mata Google jika kamu memberikan link ke luar (outbond link) terhadap konten relevan yang ada di website lain, namun lebih populer dari pada website kamu. Hal ini juga bisa menaikan reputasi konten yang kamu tulis. Jadi sesekali tidak masalah untuk menanam outbond link di dalam artikel kamu. Tapi yang harus diperhatikan adalah outbond link juga harus relevan dengan apa yang kamu tulis.

6. Memasukan Video (Opsional)

Untuk poin yang terakhir ini belum pasti apakah dapat menaikan reputasi atau tidak. Beberapa diskusi pernah dilakukan di dalam forum yang menjadi perdebatan tidak berujung. Namun tidak ada salahnya jika kamu mau mencobanya.

 

4 Comments

    • gak masalah gan, tujuan orang untuk blogging kan beda-beda, ada yg sekedar hobi pingin sharing ada jg yg ingin mendapatkan pundi-pundi dolar. tpi klo mo belajr seo tu nggak rumit kok.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *