Ad Clicks : Ad Views :
img

Apa itu Lebaran Ketupat dan Bagaimana Cara Membuat Ketupat

/
/
/
456 Views

Tradisi ketupat yang dilaksanakan pada hari ke-7 bulan pada Syawal setelah hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini merupakan tradisi yang hanya ada di Indonesia saja. Hari Raya ini biasa didebut juga sebagai Hari Raya Kecil. Disebut Hari Raya Kecil karena sebelumnya umat islam telah melaksanakan puasa Ramadhan selama satu bulan dan disusul dengan puasa 6 hari setelah Idul Fitri pada bulan Syawal. Tujuanya untuk saling memaafkan atau biasa disebut acara Halal Bihalal.

Sejarah singkat. Biasanya kalau Halal Bihalal (Lebaran Ketupat), kita pasti makan ketupat (kupat). Menurut cerita, kata kupat berasal dari bahasa jawa ku = ngaku (mengakui) dan pat = lepat (kesalahan) yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan agama Islam di pulau Jawa. Karena pada zaman itu banyak masyarakat yang meyakini kesakralan ketupat. Perpaduan antara budaya dan keyakinan ini akhirnya mampu menggeser kesakralan ketupat menjadi tradisi islami ketika makanan ketupat ini selalu disajikan saat orang-orang muslim merayakan lebaran. Momen itu juga dijadikan sebagai ajang untuk saling maaf memaafkan dan mengakui segala kesalahanya.

Begitulah sejarah singkat ketupat. Berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat anyaman ketupat itu sendiri. Check it out!

Langkah-langkah membuat ketupat :

  1. Pegang janur A dan B dengan tangan kiri, sehingga membentuk tanda x seperti pada gambar

ketupat 1

  1. Putar ujung janur A mengelilingi janur B kemudian ke bawah daun B

ketupat 2

  1. Buat putaran kedua dengan cara letakkan janur A di atas janur B

ketupat 3

  1. Buat putaran ketiga dengan cara letakkan janur A di atas janur B

 

 

ketupat 4

  1. Buat putaran horizontal dengan janur B mengelilingi janur A, selipkan janur B secara bergantian ketiga putaran vertikal dan buat putaaran mengelilingi janur B. Tarik ujung BB agar putaran menjadi lebih erat.

ketupat 5

 

  1. Putar horizontal kedua dengan janur B mengelilingi ujung janur A, selipkan melalui ketiga putaran vertikal. Putaran horizontalnya harus di atas ujung janur B.

ketupat 6

 

  1. Putar horizontal ketiga dengan janur B mengelilingi ujung janur A, selipkan melalui ketiga putaran vertikal. Putaran horizontalnya harus di atas ujung janur B.

 

cara membuat ketupat

  1. Putar anyaman sehingga bagian tengahnya menghadap ke arah anda. Kemudian anyam ujung BB sebagaiman terlihat pada gambar

cara membuat ketupat

 

  1. Anyaman akan mengendur dan mudah terlepas, kencangkan anyaman menggunakan lidi dengan cara memasukanya ke bagian anyaman yang masih kendur lalu tarik hingga kencang. Tarik anyaman yang kendur ke arah A/AA dan BB. Jika sudah jadi, masukan beras kira-kira sepertiga kemudian kukus sampai masak.

cara membuat ketupat

 

Demikian artikel yang dapat saya berikan. Jika masih dirasa agak bingung saya kasih tutorialnya dari youtube. Semoga bermanfaat.

 

 

Silahkan mencoba semoga berhasil.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *