Ad Clicks : Ad Views :
img

10 Tips Cara Membuat Kandang Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

/
/
/
503 Views

Cara Membuat Kadang Kelinci – Pada zaman sekarang kelinci banyak dipelihara tidak hanya sebagai kelinci pedaging saja, namun banyak juga kelinci yang dipelihara karena memiliki bentuk dan tingkah laku yang menggemaskan atau biasa dikenal kelinci hias.

Kelinci sangat mudah untuk ditemukan dimanapun anda berada. Jika anda hendak memelihara kelinci, maka hal penting yang harus anda perhatikan adalah masalah kandangnya.

Beberapa hal penting yang mesti anda perhatikan dalam membuat kandang kelinci adalah ukuran hewan kelinci, lokasi penempatan kandang kelinci, lantai kandang, tempat pakan, wadah minum kelinci dan lainya. Untuk Selengkapnya mari simak ulasan berikut.

1. Menentukan Lokasi Kandang Kelinci

Lokasi Kandang Kelinci
www.omlet.co.uk

Dalam menentukan lokasi kandang kelinci sebaiknya perhatikan masalah ventilasi udaranya. Letakan kandang pada tempat yang memiliki udara yang baik tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Kelinci mampu tumbuh dengan baik pada lingkungan yang sejuk yaitu pada suhu sekitar 15-20 derajat celcius dengan kelembapan udara kurang lebih 60-90%.

Tempatkan kelinci pada pepohonan yang rindang supaya sekelilingnya tetap sejuk dan memiliki kualitas udara yang baik.

Pastikan kandang kelinci terkena sinar matahari, namun cahayanya tidak langsung menyorot atau mengenai kelinci anda. Cukup terkena cahaya matahari yang tidak begitu terik.

Perlu diingat juga bahwa kelinci tidak menyukai suara-suara bising dan gerakan yang tiba-tiba. Oleh karena itu jauhkan kandang dari sumber-sumber kebisingan semisal mesin cuci, pengering atau alat lainya yang berpotensi menimbulkan kebisingan. Karena akan membuat kelinci mudah stres.

2. Kandang untuk Kelinci Pedaging

Kandang Kelinci Pedaging
www.backyardchickens.com

Jika anda hendak meletakan kandang kelinci di luar ruangan, gunakanlah dinding dan atap yang kokoh untuk melindungi kelinci tidak terkena terik matahari secara langsung, terpaan angin dan gangguan hewan buas.

Biasanya kandang yang berada di luar rumah adalah kandang untuk peternak kelinci pedaging atau kelinci ukuran menengah.

Untuk kelinci peternak, kandang bisa didesain seperti panggung, dengan ketinggian sekitar 60-100 cm. anda bisa menggunakan kayu yang kuat ataupun bambu.

Kandang kelinci pedaging atau kelinci potong bisa diklasifikasikan dengan 3 model, kandang koloni, kandang bertingkat dan kandang individual.

Kandang kelinci individual yaitu setiap kandang hanya diisi oleh satu ekor kelinci dan di setiap sekat bisa ditaruh tempat makanan.

Kandang model berkoloni, satu kandang bisa diisi oleh banyak kelinci, oleh karena itu ukuran kandang haruslah luas.

Untuk kandang desain bertingkat, pastikan masing-masing lantai setiap kandang terdapat alas atau wadah kotoran, supaya kotoran dari lanti atas tidak jatuh ke bawah. Biasanya jenis kandanng ini digunakan untuk menghemat tempat.

3. Kandang untuk Kelinci Hias

Kandang Kelinci Hias
bunnyapproved.com

Jika anda memelihara kelinci hias, sebaiknya kelinci tersebut dipelihara di dalam ruangan atau di dalam rumah, agar lebih aman dan bisa anda pantau setiap saat.

Kelinci yang dipelihara di dalam ruangan atau di dalam rumah akan lebih bersih, terhindar dari segala jenis penyakit yang membahayakan dan terhindar dari hewan buas seperti anjing liar, ular, tikus dan lainya.

Kandang yang berada di dalam rumah tidak perlu menggunakan atap karena sudah ada atap rumah. Kandang dengan atap terbuka akan memberikan keleluasaan kelinci, ia tidak akan merasa terkekang.

Hal yang perlu anda perhatikan jika hendak menggunakan kandang seperti itu adalah pastikan ketinggianya minimal mencapai 90 cm, supaya kelinci tidak bisa melompat keluar.

Apabila di dalam rumah anda terdapat kucing atau anjing, sebaiknya jauhkan kandang kelinci tersebut dari anjing atau kucing tersebut. Karena pada awal-awal mungkin kelinci akan kaget jika anjing atau keucing mendekati kandangnya.

4. Kandang Kelinci yang Bisa Dibawa ke Mana-mana

Kandang Kelinci Simpel
www.cainz.com

Kandang seperti ini biasanya dipakai untuk kelinci hias. Anda bisa dengan mudah membawanya keluar rumah, ketika hendak periksa ke dokter hewan atau sekedar jalan-jalan biasa.

Sesekali ajaklah kelinci untuk jalan-jalan atau piknik untuk bisa merasakan udara segar di luar. Oleh karena itu anda memerlukan kandang yang praktis dan bisa dibawa kemana-mana seperti ini.

5. Tips Cara Membuat Kandang Kelinci

Membuat Kandang Kelinci
www.youtube.com

Dalam membuat kandang kelinci sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebelum anda membeli kelinci, sebaiknya anda menyiapkan dahulu kandang kelinci dan faktor penunjang lainya.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah kelinci yang akan anda pelihara apakah jenis kelinci hias atau jenis kelinci pedaging. Karena hal ini biasanya akan berpengaruh pada desain kandang kelinci.

Kandang kelinci biasanya terbuat dari kayu ataupun bambu atau bisa juga gabungan dari keduanya. Namun, kandang menggunakan kawat lebih cocok untuk kelinci hias di dalam rumah.

Jika anda memiliki area yang cukup luas maka sebaiknya buatlah kandang yang lebar sepaya kelinci lebih nyaman dan lebih leluasa dalam bergerak. Namun jika anda hanya mempunyai area yang tidak begitu luas, maka anda bisa menggunakan kandang dengan ukuran minim.

Kandang yang sempit sebenarnya tidak baik bagi kelinci. Minimal ukuran kandang kelinci kurang lebih empat kali dari ukuran badanya

Kandang yang anda buat sebaiknya memiliki tinggi yang cukup supaya kelinci bisa berdiri dengan tegak. Karena jika kandang yang anda buat terlalu pendek akan berpengaruh pada kesehatanya.

Tinggi kandang bisa anda tentukan dari panjang kelinci tersebut, semisal jika kelinci memiliki pandang 60 cm maka anda bisa membuat kandang dengan ukuran 75 cm.

Kalaupun anda memiliki kelinci yang masih kecil, sebaiknya tetap menggunakan patokan kandang untuk ukuran kelinci dewasa.

6. Ukuran Kandang Kelinci

Ukuran Kandang Kelinci
alwib.net

Untuk ukuran kandang kelinci sedang anda bisa membuat kandang dengan ukuran 120 x 80 x 50 cm untuk kelinci ukuran sedang. Sedangkan kelinci ukuran besar bisa menggunakan ukuran 190 x 80 x 60 cm.

Jangan lupa untuk membuat pintu. Ukuran pintu ideal adalah kurang lebih 40 x 50 cm saja. Supaya memudahkan kelinci untuk keluar ataupun masuk kandang.

Anda bisa membuat kandang kelinci dengan bahan gabungan dari kayu dan kawat. Buatlah kandang kelinci sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar anda.

7. Lantai yang Digunakan untuk Kandang Kelinci

Alas untuk Kandang Kelinci
Youtube.com

Untuk matrial yang digunakan sebagai bagian lantai kandang kelinci, anda bisa membuatnya dari kayu, tanah, bamboo atau kawat aluminium.

Jika lantainya dari tanah, anda bisa melapisinya dengan batu bata lalu disemen. Pastikan lantai kandang kelinci selalu dalam keadaan kering dan tidak terkena air. Karena kelinci tidak bisa tumbuh dengan maksimal jika kandang atau lingkunganya lembab dan basah.

Pastikan kandang yang digunakan mempunyai lantai yang cukup padat. Banyak kelinci yang mengalami pododermatitis yang muncul akibat nyeri pada bagian belakang kaki akibat tekanan dari duduk di permukaan yang keras atau lantai kandang yang basah.

Lantai yang menggunakan kawat tidaklah cocok untuk kelinci. Hal ini sangat tidak nyaman bagi kelinci peliharaan anda.

Apabila kandang yang digunakan memakai kawat, anda bisa memberikan alas dengan suatu benda yang lebih padat seperti papan tripleks atau yang semisalnya.

Bahan yang bisa dipakai untuk alas kandang kelinci seperti jarami, serbuk gergaji atau hay (sejenis jerami). Diantara material tersebut jerami paling bagus digunakan karena kelenturan dan teksturnya yang halus.

Selainitu jerami juga bisa memberikan kehangatan bagi kelinci ketika musim dingin datang. Apabila jerami tersebut terkunya oleh kelinci, hal tersebut tidak masalah.

Bersihkan alas kandang setiap hari, anda cukup mengambil jerami yang terkena kotoran atau yang terkena pellet makanan. Lalu ganti alas kandang dengan yang baru.

Sebaiknya dalam membersihkan kandang secara menyeluruh, dilakukan minimal satu minggu sekali.

8. Alas Kotoran untuk Kelinci

Wadah Kotoran Kelinci
farmingmybackyard.com

Perhatikan juga bagian bawah kandang, anda bisa menaruh alas kotoran. Pada bagian bawah kandang, alas kotoran harus mempunyai dinding yang agak tinggi dan tertutup. Karena ketika kelinci buang air kecil biasanya ia akan menyemprotkan urine-nya.

Alas kotoran dengan dinding yang cukup tinggi juga bisa bermanfaat untuk mencegah jerami tercecer keluar kandang.

Jika kandang yang digunakan tidak disertai dengan alas kotoran yang berdinding agak tinggi, anda bisa membuatnya dengan menggunakan bahan seperti kertas karton atau bahan yang tidak berbahaya lainya jika dimakan kelinci.

Sisilah boks kotoran menggunakan lapisan kertas Koran, nontoxic litter dan juga lapisan jerami. Gantilah jerami tersebut dengan tratir setiap satu minggu sekali.

Sediakan juga boks atau wadah khusus untuk kotoran kelinci. Penting untuk menyediakan boks kotoran dan melatih kelinci anda untuk selalu buang kotoran di dalam boks tersebut. Terlebih jika anda memelihara kelinci hias yang berada di dalam rumah.

Ketika pertama kali anda menaruhnya di dalam kandang mungkin kelinci anda tidak akan langsung menggunakanya, jadi bersabarlah. Anda perlu melatih kelinci anda untuk buang air ke dalam boks tersebut.

Ketika sudah terlatih kelinci anda akan otomatis buang kotoran kedalam boks tersebut dengan sendirinya setiap ia terasa ingin buang air.

9. Sediakan Wadah Makanan dan Botol Minuman untuk Kelinci

Wadah Makanan dan Minuman Kelinci

 

Sediakan mangkuk dan botol minum untuk diletakan di dalam kandang kelinci. Gunakanlah mangkuk besar dengan permukaan yang rata atau datar agar tidak mudah terbalik.

Sediakan rak kecil untuk menyimpan jerami, tetapi letakan jerami tersebut di atas lantai kandang, karena kelinci tidak suka mendongakan atau mengangkat kepalanya atau lebih praktis menyediakan tempat makan dan minum seperti gambar di atas.

10. Hiasan atau Mainan untuk Kelinci Peliharaan Anda

Asesoris Kandang Kelinci
Pinterest.com

Mainan bisa menjadi sumber untuk sarana bermain dan penghilang stres bagi kelinci yang anda pelihara. Sediakan benda yang bisa dijadikan untuk bermain seperti terowongan, kotak yang berlubang, bola yang memiliki lonceng atau alat permainan lainya.

Kelinci sangat gemar mengunyah sesuatu. Oleh sebab itu, sediakan bebrapa dahan pohon buah-buahan seperti pohon apel, pie, ceria tau palm atau anda bisa juga membeli batang kunyahan kusus yang disediakan di took hewan.

Saat memilih mainan kelinci sebaiknya perhatikan juga segi keamanan bagi kelinci tersebut. Jangan sampai menggunakan maerial yang berbahaya karena kebiasaan kelinci suka menggigit dan mengunyah sesuatu, oleh karena itu jika tertelan sangat berbahaya.

 

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *