Ad Clicks : Ad Views :
img

Mengenal Lebih Dekat Habib Rizieq, Sosok Pembela Islam Yang Pemberani

/
/
/
436 Views

Biodata Habib Rizieq – Siapa yang tidak kenal ulama sekaligus Habib yang satu ini. Beliau merupakan seorang pendakwah yang sangat aktif di Indonesia. Beliau tidak hanya mengajak orang-orang untuk berbuat kebaikan (amar ma’ruf) namun beliau juga sangat gemar mencegah kemungkaran (nahi mungkar). Ya, beliau memiliki nama lengkap Habib Muhammad Rizieq Shihab.

Biodata Lengkap Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq

Habib Rizieq Shihab lahir di Jakarta pada 24 Agustus 1965. Rumah beliau berada di Jl. Petamburan 3, No. 83, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Indonesia. Ayahnya adalah Habib Husein bin Muhammad Shihab dan ibundanya Syarifah Sidah Alatas. Ayah beliau telah meninggal dunia semenjak beliau berumur 11 bulan.

Sejak umur 4 tahun, ia sudah gemar mengaji di masjid-masjid. Ibundanya yang sekaligus berperan sebagai seorang ayah, bekerja sebagai penjahit pakaian dan perias pengantin. Ibunda beliau sangat memperhatikan pendidikan Habib Rizieq serta satu anaknya yang lain.

Setelah lulus SD, Habib Muhammad Rizieq masuk ke SMP Pejompongan, Jakarta Pusat. Jarak yang ia tempuh untuk pergi ke sekolah ternyata cukup jauh. Kemudian ia pun pindah sekolah yang lebih dekat dari tempat tinggalnya yaitu SMP Kristen Bethel Petamburan.

Setelah Lulus SMA, Habib Rizieq melanjutkan pendidikanya di King Saudi University, Arab Saudi yang berhasil beliau selesaikan dalam waktu 4 tahun dengan hasil cum-laude. Beliau juga pernah mengambil kuliah S2 di Malaysia, namun hanya satu tahun.

Saat ini beliau memiliki Toko atau Tempat usaha minyak wangi serta perlengkapan shalat yang terletak di ujung gang rumah beliau. Di dalam darahnya mengalir keturunnan campuran antara darah arab dan betawi, beliau merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW yang ke-38.

Habib Rizieq Syihab menikah pada tanggal 11 September 1987 dengan seorang muslimah yang bernama Syarifah Fadhlun. Habib memiliki Lima orang anak yakni : Rufaidah Shihab, Humairah Shihab, Zulfa Shihab, Najwa Shihab, dan Mumtaz Shihab. Kelima anaknya ini bersekolah di Jumiat Khair dan memiliki guru privat untuk ilmu agama dan aqlak. Habib juga berdakwah dan mengajar di Jumiat Khair.

Habib Rizieq pada setiap malam jumat (kamis malam) selalu mengadakan pengajian rutin yang diselenggarakan di kediaman beliau dari mulai pukul 17.30 hingga 20.30.

Pergerakan Habib Rizieq dan FPI

Pergerakan Habib Rizieq dan FPI
WinNetNews.com

Habib Rizieq mendirikan Front Pembela Islam (FPI) pada tanggal 17 Agustus 1998. FPI merupakan sebuah organisasi massa islam yang berpusat di ibukota Jakarta. Selain dari klompok internal yang biasa disebut sayap juang, FPI juga mempunyai kelompok Laskar Pembela Islam, kelompok Pra Militer.

Dalam menegakan amar ma’ruf nahi mungkar, Habib Rizieq terkenal sangat tegas tanpa pandang bulu. Organisasi yang bergerak pada gerakan Nasional Anti Maksiat ini kerap kali mendapatkan kecaman, fitnah, caci maki terror dan berbagai bentuk intimidasi.

Berbagai ujian dan cobaan menghantam Habib Rizieq serta para aktivis yang aktif dalam organisasi tersebut. Pada tanggal 3 Sya’ban 1419 H / 22 November 1998, terjadi peristiwa ketapang, sekitar 200 anggota FPI bentrok dengan ratusan  preman. Peristiwa ini menyeret FPI ke dalam tragedy berdarah yang cukup menggemparkan pada saat itu.

Kemudian pada tanggal 16 Oktober 2002 Habib Rizieq dipenjara dalam rumah tahanan Polda Metro Jaya tanpa ada alasan yuridis yang jelas. Setelah itu dilanjutkan penahanan rumah dan penangguhan penahanan hingga 20 April 2003.

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tanggal 30 Oktober 2008 Habib Rizieq divonis 1,5 tahun penjara karena dinyatakan bersalah pada penyerangan terhadap masa Aliansi Kebangsaan untuk kebebasn dalam beragama dan berkeyakinan (AKKBB), pada insiden mona 1 juni. Hal ini juga tanpa ada hukum yang jelas.

Beliau sangat paham dan mengetahui bahwa berbagai penahanan tersebut merupakan bagian dari upaya perlawanan dakwah Habib Rizieq bersama FPI. Benarlah kata pepatah “semakin tinggi pohon menjulang maka semakin kencang angin yang menerjang”.

Namun, apapun bentuk ketidak adilan yang dilakukan Alhamdulillah, hingga saat ini FPI tetap eksis dan konsisten dalam perjuangan membela kebenaran. Bahkan jumlah FPI juga semakin bertambah yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dari sabang sampai merauke.

Kegiatan Bakti Sosial FPI
Bakti Sosial FPI

Selain itu, Habib Rizieq dan FPI tidak hanya melakukan amar ma’ruf dan nahi mungkar saja, akan tetapi organisasi ini juga sangat aktif dalam melakukan bakti social diberbagai penjuru negeri yang terkena musibah. Hal ini tentu akan mengundang simpati masyarakat berbagai kalangan. Sangat berbeda jauh dengan pemberitaan diberbagai media yang selalu menyudutkan Habib Rizieq dan FPI.

Riwayat Karir Habib Rizieq

Habib Rizieq Shihab pernah menjabat sebagai kepala sekolah Madrasah Aliyah Jamiat Khair, hingga tahun 1996 dan beliau juga masih aktif mengajar di sekolah jamiat Khair sebagai guru di bidang Fiqih. Beliau pernah menjadi dewan Syariat BPRS AtTaqwa, Tanggerang. Dan saat ini telah menjabat sebagai ketua umum FPI dari tahun 2003 sampai sekarang ini masih menjadi ketua Majelis Tanfidzi FPI.

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *