Ad Clicks : Ad Views :
img

Apa itu Silica Gel Natural?

/
/
/
166 Views

Silica gel natural adalah salah satu jenis silica gel yang dibuat dari bahan mineral alami. Selain bahan dasarnya alami, kertas yang dibuat untuk membungkus menggunakan semi permeable dalam unit-unit tertentu semisal 5 gr, 2 gr, 1 gr dan lainnya.

Silica gel natural memiliki sifat hydrophilic aktif, food grade, tidak memiliki bau dan juga tidak memiliki rasa. Produk ini memiliki fungsi yang sama seperti jenis silica gel lainya yaitu berfungsi untuk menjaga produk tetap kering terhindar dari kelembapan udara.

Karena silica gel natural berbahan dasar alami maka banyak industry-industri yang menggunakanya sebagai pengering. Perusahaan yang biasa menggunakan silica gel natural adalah industry makanan, industry farmasi, industry elektronik, tas kulit, sepatu dan lain sebagainya.

#Kelebihan Silica Gel Natural

  • Memiliki sifat hydrophilic aktif
  • Tidak mudah terbakar
  • Food grade, aman digunakan untuk makanan dan tidak beracun
  • Tidak memiliki bau
  • Tidak memiliki rasa

#Fungsi Silica Gel Natural

1. Mencegah Timbulnya Jamur Dan Bakteri

Udara yang terdapat pada tempat tertutup akan mengakibatkan kelembapan karena pengap. Hal ini tentunya akan mengakibatkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang bisa mengakibatkan produk tersebut menjadi busuk atau rusak.

Penggunaan silica gel natural mampu menghambat terjadinya pertumbuhan jamur dan bakteri. Karena silica gel mampu menyerap kelembapan dan menjaga produk agar tetap kering.

2. Menyerap Kelembapan Udara Dan Menjaga Barang Agar Tetap Kering

Silica gel natural mempunyai sifat hidrofilik atau mengikat molekul air yang cukup kuat sehingga cocok untuk digunakan sebagai pengering atau penghilang kelembapan dalam kemasan ataupun dalam ruangan.

Secara alami batu zeolit sebagai komponen dasar dari silica gel natural yang mampu menyerap molekul sebesar 55% dari beratnya sendiri.

3. Mencegah Terjadinya Resiko Hubungan Arus Pendek Listrik Mikro

Molekul Air yang berpotensi menyebabkan arus pendek terhadap listrik mikro akan berakibat fatal. Oleh karena itu gunakan silica gel untuk menghindari hal tersebut, karena silica gel natural mampu menyerap molekul air yang berpotensi berbahaya.

4. Mencegah Terjadinya Proses Oksidasi

Proses oksidasi atau pelapukan akan semakin capat terjadi jika kondisi kemasan atau ruangan lembab. Silca gel natural menghambat terjadinya hal tersebut karena daya serapnya yang cukup kuat.

#Indikator Titik Jenuh Silica Gel Natural

Ketika silica gel natural terlalu banyak menyerap air maka ia tidak lagi bisa untuk digunakan. Hal ini dinamakan titik jenuh atau silica gel sudah tidak aktif. Karena daya serap silica gel tersebut sudah mencapai titik maksimal.

Bagaimana caranya kita mengetahui bahwa silica gel natural sudah tidak aktif? adapun cara untuk mengetahui apakah silica gel natural masih bisa digunakan atau telah non aktif.

Langkah pertama buka kemasan silica gel natural kemudian masukan beberapa butiran silica gel ke dalam air. Setalah itu perhatikanlah reaksi yang akan terjadi. Pada fase ini aka nada dua reaksi yang terjadi.

Yang pertama silica gel natural akan bereaksi terhadap air dan kemudian akan mengeluarkan gelembung-gelembung udara hingga kemudian pecah menjadi serbuk lalu akan mengendap dalam air. Jika hal ini terjadi maka silica gel natural masih aktif dan masih bisa digunakan.

Reaksi yang kedua silica gel natural tidak akan menimbulkan reaksi apapun terhadap air tersebut. Maka bisa dibilang bahwa silica gel natural telah mengalami titik jenuh dan sudah tidak aktif lagi.

#Informasi Pemesanan :

  • Whatsapp            :  0877 7165 7946
  • SMS                       : 0857 3097 2830
  • Pin BB                   : 57468909
  • Email                     : alfatih.prince21@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *